Finoo.id – Garansi TV Samsung : Penjelasan Lengkap Untuk Semua Jenis. Pengertian dari Garansi adalah surat keterangan yang berisi penjelasan tentang produk yang menjamin bahwa pihak produsen menjamin produk tersebut bebas dari kesalahan dan kegagalan dalam jangka waktu tertentu. Ketika membeli perangkat elektronik, seperti TV Samsung, baik secara online maupun offline, pastikan untuk memperoleh garansi atau jaminan dari barang tersebut.
Dengan adanya garansi, kita lebih terjamin jika produk yang dibeli mengalami kendala atau kerusakan suatu saat nanti. Biasanya, setiap produk memiliki masa garansi yang berbeda, tergantung pada kebijakan produsen.
Samsung dikenal sebagai produsen elektronik yang cukup murah hati dalam memberikan garansi pada setiap produknya, dengan rata-rata masa garansi selama 2 tahun. Itulah sebabnya mengapa produk-produk Samsung banyak dicari dan diminati oleh masyarakat.
Setelah membahas mengenai GARANSI TV COOCAA pada artikel sebelumnya, kali ini kami akan membahas tentang garansi TV Samsung. Jika Anda sedang mencari informasi mengenai hal tersebut, Anda dapat menemukan pembahasan lengkapnya di bawah ini.
Garansi TV Samsung
Berikut adalah masa garansi untuk beberapa produk dari Samsung:
1. LCD TV / LED TV
Berikut masa garansinya:
- Masa Garansi: 24 bulan.
- Proses perbaikan dapat dilakukan di seluruh pusat layanan resmi Samsung di seluruh wilayah Indonesia, dan disarankan untuk melampirkan kartu garansi dan bukti pembelian saat mengajukan klaim garansi.
- Garansi selama 24 bulan berlaku untuk jasa perbaikan dan suku cadang asli Samsung, sedangkan masa garansi panel LCD / LED adalah 12 bulan.
- Ketentuan garansi dapat berubah sewaktu-waktu (sesuai dengan kartu garansi produk).
2. TV Warna Plasma
Berikut masa garansinya:
- Masa Garansi: 24 bulan.
- Proses perbaikan dapat dilakukan di seluruh pusat layanan resmi Samsung yang ada di wilayah Indonesia dengan melampirkan kartu garansi dan bukti pembelian dalam proses klaim garansi.
- Masa garansi selama 24 bulan berlaku untuk suku cadang asli Samsung dan jasa perbaikan, sedangkan 12 bulan khusus untuk panel display.
- Ketentuan garansi dapat berubah sewaktu-waktu.
3. DVD Player / BD Player
Berikut masa garansinya:
- Masa Garansi: 12 bulan.
- Proses perbaikan dapat dilakukan di seluruh pusat layanan yang ada di wilayah Indonesia dengan melampirkan bukti pembelian dan kartu garansi untuk proses klaim garansi.
- Masa garansi selama 12 bulan berlaku untuk suku cadang dan jasa perbaikan.
4. HTS / Mini Micro
Berikut masa garansinya:
- Masa Garansi: 12 bulan.
- Proses perbaikan dapat dilakukan di seluruh pusat layanan resmi Samsung dengan melampirkan kartu garansi dan bukti pembelian.
- Masa garansi selama 12 bulan berlaku untuk suku cadang dan jasa perbaikan.
5. Aksesoris
Berikut masa garansinya:
- Masa Garansi: 6 bulan.
- Proses perbaikan dan pengecekan dapat dilakukan di seluruh pusat layanan resmi Samsung.
- Masa garansi selama 6 bulan berlaku untuk aksesoris asli Samsung yang ada pada kemasan produk.
Ketentuan Garansi TV Samsung
1. Garansi Berlaku Pada Produk Samsung
- Jaminan atau garansi akan berlaku pada produk Samsung jika:
- Garansi berlaku sesuai dengan masa berlaku dan ketentuan yang ditetapkan oleh PT Samsung Electronics Indonesia.
- Garansi diberikan pada produk elektronik Samsung yang dijual oleh PT Samsung dan berlaku di wilayah Indonesia.
- Jika produk mengalami kerusakan dalam masa garansi, pembelian suku cadang dan biaya perbaikan tidak akan dikenakan biaya.
- Perbaikan atau reparasi dilakukan di pusat layanan resmi Samsung yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan menyerahkan kartu garansi.
2. Garansi Tidak Berlaku Pada Produk Samsung
Garansi atau jaminan tidak berlaku pada produk Samsung jika:
- Kartu garansi tidak diisi secara lengkap atau nomor seri, model, dan IMEI tidak sesuai.
- Nomor seri, model, atau IMEI produk telah dihapus atau diubah (terdapat coretan atau hapusan pada nomor seri, model, atau IMEI).
- Kerusakan yang diakibatkan oleh penggunaan yang tidak sesuai dengan buku petunjuk (penggunaan yang salah).
- Kerusakan akibat kelalaian pengguna, seperti jatuh, terkena makanan atau minuman, salah dalam penggunaan tegangan listrik, dan lain-lain.
- Kerusakan (hilang) karena bencana alam, seperti kebakaran, tersambar petir, banjir, atau akibat kerusuhan.
- Kerusakan luar yang disebabkan karena penggunaan sehari-hari, seperti karat, tergores, ternoda, dan lain-lain.
- Produk telah dibuka atau diperbaiki oleh teknisi luar (bukan dari Samsung) dan suku cadang diganti dengan suku cadang yang tidak asli (diluar yang ditentukan oleh Samsung).
- Komponen yang rusak bukanlah komponen yang mendapat garansi.
- Masa garansi produk telah habis.
3. Ketentuan Produk Luar Negri
Berikut beberapa ketentuannya:
- Perbaikan akan tetap dikenakan biaya walaupun masih dalam masa garansi.
- Untuk produk yang sudah tidak dalam masa garansi, biaya perbaikan akan lebih mahal dari produk yang dijual di Indonesia.
- Proses atau waktu perbaikan bisa jadi akan lebih lama, tergantung ketersediaan suku cadang atau perangkat lunak.
- Pusat layanan atau service center akan mengkonfirmasi rincian biaya serta perkiraan waktu perbaikan.
- Akan diperlukan pengecekan lebih lanjut untuk mengecek produk, apakah dapat diperbaiki atau tidak.
- Beberapa kerusakan pada produk yang memiliki ukuran besar seperti pintu kulkas, panel tv, dan lain-lain serta suku cadang yang tidak tersedia, tidak dapat diperbaiki.
- Produk tidak diperbaiki di negara asal produk tersebut.
- Jika ada perbedaan seperti tegangan, spesifikasi produk, bandwidth, dan lain-lain, perbaikan tidak dapat dilakukan.
Cara Klaim Garansi Samsung
Berikut ini langkah-langkah cara Garansi TV Samsung, antara lain:
- Temukan lokasi Service Center Samsung terdekat di kotamu.
- Datang ke lokasi Service Center dengan membawa TV Samsung yang mengalami masalah atau kerusakan.
- Sampaikan kepada petugas Samsung di sana permasalahan yang terkait dengan perangkat yang kamu miliki.
- Petugas Samsung akan memeriksa perangkat tersebut dan menentukan apakah perangkat kamu memenuhi ketentuan dan syarat klaim garansi atau tidak.
- Selanjutnya, kamu harus menandatangani kesepakatan bahwa kamu bersedia kehilangan semua data yang ada dalam perangkat.
- Jika masih dalam masa garansi dan permasalahan dalam perangkat bukan disebabkan oleh kelalaian pengguna, perbaikan akan dilakukan secara langsung.
- Lama perbaikan tergantung pada jenis kerusakan perangkat dan bisa selesai dalam hitungan jam, keesokan harinya, atau bahkan beberapa hari ke depan. Setelah perbaikan selesai, kamu dapat mengambil perangkat kamu kembali.
- Saat pengambilan perangkat yang selesai diperbaiki, pengguna tidak akan dikenai biaya sepeser pun karena masih dalam masa garansi.
Cara Klaim Garansi TV Samsung Online
Garansi TV Samsung, Selain mendatangi pusat layanan resmi Samsung, pengguna juga dapat melakukan klaim garansi secara online jika perangkat yang telah dibeli mengalami kerusakan atau cacat.
Penting untuk diketahui bahwa klaim cacat produk hanya dapat dilakukan dalam waktu maksimal 2 hari setelah kamu menerima produk Samsung tersebut. Untuk mengganti produk yang rusak atau memperbaiki perangkat Samsung yang rusak, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.
Jika kamu merasa bahwa perangkat Samsung yang kamu terima adalah cacat, kamu dapat mengirimkan email segera ke alamat cs.care@samsung.com untuk memperoleh bantuan. Pastikan juga untuk menyertakan beberapa detail yang diperlukan, seperti:
- Cantumkan Order ID atau nomor pesanan,
- Produk Samsung yang diterima,
- Foto kotak/kardus produk bagian luar pada semua sisi,
- Foto kerusakan produk secara detail,
- IMEI atau Serial Number produk.
- Mohon diperhatikan bahwa keluhan yang kamu kirimkan ke Customer Service Samsung hanya akan direspon pada hari Senin – Jumat, antara pukul 09.00 – 18.00. Biasanya, respon tidak akan dikirimkan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur.
- Kamu juga dapat mengunjungi Samsung Service Center terdekat dari tempat tinggalmu. Untuk informasi lengkap mengenai lokasi daftar garansi Samsung dan jam operasional Samsung Service Center, silakan cek laman samsung.com.
- Setelah mengetahui lokasinya, kamu dapat membawa perangkat Samsung yang bermasalah tersebut ke Samsung Service Center terdekat.
Langkah-langkah detail selanjutnya kurang lebih seperti cara klaim di atas.
Penyebab Klaim Garansi Samsung Gagal
Garansi TV Samsung, selain itu, ada beberapa hal yang harus dihindari agar garansi tetap berlaku, yaitu:
- Pastikan kartu garansi telah diisi dengan lengkap dan sesuai dengan informasi yang tertera pada produk.
- Jangan mengubah atau menghapus nomor seri, IMEI, dan model yang tertera pada produk.
- Kerusakan produk tidak disebabkan oleh kelalaian pengguna.
- Pastikan segel atau hologram pada badan produk masih utuh dan tidak rusak.
- Jangan mengganti suku cadang produk dengan yang palsu, membuka atau memperbaiki produk oleh teknisi dari luar Samsung.
- Jangan memodifikasi perangkat keras atau perangkat lunak pada produk.
- Jika masa berlaku garansi sudah habis, maka garansi tidak berlaku lagi.
Penutup
Dengan garansi TV Samsung yang andal dan berkualitas, Anda dapat menikmati pengalaman menonton yang lebih tenang dan bebas stres, serta merasa yakin bahwa investasi Anda dalam TV Samsung akan terlindungi dan terjamin kualitasnya.
Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Garansi TV Samsung : Penjelasan Lengkap Untuk Semua Jenis. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.