Seberapa Penting Asuransi Kendaraan Untuk Lindungi Kerugian Keuangan?

asuransi kendaraan

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa asuransi kendaraan bukan sesuatu yang penting untuk dimiliki. Kebanyakan hanya mengenal asuransi kesehatan yang mengcover biaya pengobatan ketika sakit atau asuransi jiwa yang memberikan ganti rugi ketika terjadi kecelakaan. Lalu, bagaimana dengan asuransi kendaraan bermotor? Apakah penting untuk dimiliki? Asuransi kendaraan yang banyak diketahui adalah asuransi mobil, walaupun pada kenyataannya terdapat juga asuransi motor. Asuransi kendaraan berfungsi untuk memberikan manfaat proteksi kendaraan bermotor untuk kenyaman berkendara. Apalagi di kota besar yang jumlah pengguna kendaraannya membludak, sangat penting untuk memiliki asuransi agar mengurangi resiko saat berkendara. Dalam bahasan kali ini, kita akan fokus untuk membahas asuransi kendaraan mobil, bagaimana memilihnya, berapa biaya asuransi mobil, bagaimana jangkauan proteksinya, dan lain-lain.

Jenis asuransi mobil

Setiap negara memiliki regulasi tersendiri tentang asuransi. Untuk saat ini, di Indonesia terdapat dua jenis asuransi, yakni asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil TLO (Total Loss Only). Apa perbedaanya?

1. All Risk atau Comprehensive
Jenis asuransi mobil ini bisa melindungi dengan cakupan yang lebih luas dan menyeluruh dari berbagai kerusakan yang mungkin terjadi. Mulai dari kerusakan minor, seperti goresan halus, penyok, hingga kerusakan besar seperti tabrakan yang mengakibatkan bodi mobil berubah bentuk. Tidak hanya kerusakan, asuransi mobil jenis ini juga melindungi mobil dari pencurian. Sehingga, segala jenis kerusakan dan kehilangan dapat ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan perjanjian pada polis. Asuransi mobil All Risk atau Comprehensive lebih banyak dibeli oleh para pemilik mobil yang usia mobilnya kurang dari 5 tahun, khususnya kendaraan baru. Sedangkan untuk mobil yang usianya lebih dari 5 tahun umumnya dikenakan biaya loading rate sebesar 5-10%.

2. Total Loss Only (TLO)
Sedangkan asuransi mobil TLO merupakan sebuah pelayanan asuransi berupa perlindungan pada mobil, dari risiko kerusakan dan kehilangan jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan, atau melebihi 75 persen dari harga kendaraan, sesaat sebelum terjadinya kerugian. Intinya, jenis asuransi ini lebih terbatas daripada asuransi kendaraan jenis All Risk atau Comprehensive. Sehingga, jika ada risiko yang terjadi dan terdapat kerugian yang nilainya di bawah 75 persen, maka tidak akan mendapatkan penggantian dari pihak asuransi.

Apakah asuransi mobil All Risk bisa melindungi semua resiko?

asuransi mobil

Jika dilihat dari penjelasannya, asuransi mobil All Risk bisa memberikan perlindungan menyeluruh dari segala resiko kerusakan dan kehilangan. Namun, ternyata ada beberapa risiko yang tidak bisa dijamin oleh asuransi mobil All Risk. Akan tetapi, kamu bisa memperluas pertanggungan asuransi yang besaran setiap rate berbeda-beda. Beberapa pertanggungan yang bisa ditambahkan:

  • Bencana alam seperti banjir, angin topan, gempa bumi, tsunami, puting beliung, badai, dan kerusakan karena air
  • Kerusuhan
  • Sabotase atau terorisme
  • Third Party Liability (TPL)
  • Kecelakaan Pengemudi
  • Kecelakaan Penumpang

Apakah asuransi mobil All Risk dan TLO bisa digabungkan?

Untuk peraturan di Indonesia, kedua jenis asuransi ini bisa digabungkan. Penggabungan kedua asuransi mobil ini dilakukan agar premi yang ditanggung nasabah tidak terlalu besar. Berikut adalah contoh gambaran cara kerja, dari penggabungan jaminan polis asuransi mobil All Risk dan TLO:

Nasabah: Membeli 1 unit mobil (kredit) melalui perusahaan leasing.
Jangka waktu: 5 tahun
Isi perjanjian polis: Periode cicilan mobil baru adalah 5 tahun.
Tahun Pertama: Asuransi Comprehensive/All Risk
Tahun Kedua: Asuransi Total Loss Only (TLO)
Tahun Ketiga: Asuransi Total Loss Only (TLO)
Tahun Keempat: Asuransi Total Loss Only (TLO)
Tahun Kelima: Asuransi Total Loss Only (TLO)

Meski bisa digabungkan, dalam memilih jaminan asuransi kendaraan atau asuransi mobil, kembali pada kebutuhan dan kondisi finansial. Jika kamu memiliki dana yang cukup untuk perlindungan yang luas, maka asuransi All Risk atau Comprehensive bisa dipilih. Namun, jika keuangan terbatas, kamu bisa memilih jaminan asuransi mobil Total Loss Only (TLO).

Bsca juga: Tips Jitu Memilih Asuransi yang Tepat Untuk Milenial

Berapa premi biaya asuransi mobil?

Berikut adalah daftar tarif premi Asuransi All Risk dan TLO yang diatur dalam Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017.

Asuransi Mobil All Risk

premi asuransi all risk atau comprehensive
Asuransi Mobil TLO

premi proteksi TLO
Kebutuhan asuransi kendaraan sebenarnya ada di tingkat sangat penting. Beberapa keuntungannya antara lain adalah:

  • Hemat, karena mengurangi ketidakpastian risiko
  • Mengurangi beban keuangan akibat timbulnya kerugian
  • Memberi ketenangan saat berkendara

Baca juga: Memilih Manfaat Asuransi yang Tepat di Setiap Jenjang Usia

Close Menu