Lindungi Jiwa dan Raga Dengan Manfaat Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan Terbaik

Siapapun pasti berharap selalu sehat dan tidak kekurangan apapun, tapi kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Keadaan sakit bisa terjadi kapan saja secara tiba-tiba, bisa sakit ringan hingga sakit parah yang membutuhkan biaya besar. Oleh karena itu, kita harus memiliki perlindungan untuk antisipasi biaya kesehatan yang tidak terduga dengan asuransi kesehatan. Asuransi akan memberikan jaminan atas potensi kerugian ekonomi akibat risiko kesehatan yang mungkin terjadi. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kondisi keuangan akan jauh lebih terjaga, kamu hanya butuh untuk mengalokasikan budget bulanan untuk membayar premi asuransi kesehatan yang bergantung pada jenis jaminan yang diambil. Lalu, apa jenis asuransi kesehatan terbaik? Apa saja manfaatnya? Berapa premi asuransi kesehatan?

Asuransi kesehatan sendiri merupakan bentuk proteksi untuk melindungi dari kerugian finansial akibat risiko-risiko kesehatan yang mungkin dialami selama hidup. Asuransi kesehatan akan memberikan penggantian biaya terhadap perawatan kesehatan dan sebagai tertanggung, wajib untuk membayar premi asuransi.

Mengapa Butuh Asuransi Kesehatan?

Banyak orang mungkin berpikiran bahwa premi asuransi terlalu mahal dan tidak terlalu perlu. Tapi pernahkan kamu berpikir bahwa jaminan atau manfaat perlindungan yang didapatkan jika terjadi resiko lebih besar daripada premi yang dibayarkan. Jasi, salah satu alasan perlunya memiliki asuransi kesehatan adalah biaya pengobatan yang tinggi. Dengan ancaman kesehatan yang semakin beragam, memiliki jaminan perlindungan adalah salah satu jalan untuk meringankan beban saat risiko itu terjadi. Paling tidak, tabungan dan dana darurat tetap aman jika tiba-tiba sakit dan butuh biaya besar.

Baca juga: Memilih Manfaat Asuransi yang Tepat di Setiap Jenjang Usia

Jenis Asuransi Kesehatan

Premi Asuransi Kesehatan

1. Berdasarkan Pengelola Dana
Asuransi yang dikelola oleh pemerintah, dalam hal ini adalah BPJS Kesehatan. Setiap perusahaan diwajibkan untuk mengikutsertakan seluruh karyawannya menjadi peserta BPJS Kesehatan. Sedangkan yang non karyawan, bisa menjadi peserta mandiri BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan dikenal menawarkan premi yang cukup terjangkau, dengan cover fasilitas yang sangat memadai.
Asuransi yang dikelola oleh perusahaan swasta. Untuk asuransi swasta ada banyak perusahaan yang menawarkan, jadi penting melakukan survei dan komparasi untuk asuransi kesehatan terbaik.

2. Berdasarkan Perawatan
Ada 2 jenis asuransi kesehatan berdasarkan perawatan kesehatan yang ditawarkan:
Rawat inap: Pihak perusahaan asuransi akan menanggung biaya jika peserta asuransi harus menjalani rawat inap. Ketentuannya bisa berbeda-beda, ada yang ketentuannya minimal 24 jam di rumah sakit baru bisa diklaim rawat inap atau persyaratan lainnya.
Rawat jalan: Pihak perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan peserta asuransi yang berupa pelayanan medis tanpa menginap di fasilitas kesehatan. Contoh biaya yang dicover: biaya diagnosis dokter, pemeriksaan laboratorium, rehabilitasi, dan lainnya.

3. Berdasarkan Metode Pembayaran
Cashless: Manfaat asuransi kesehatan ini adalah peserta tidak perlu menggunakan uangnya sendiri terlebih dahulu, jenis asuransi kesehatan ini langsung mengcover biaya perawatan kesehatan dengan hanya ditunjukkan kartu anggota saja. Untuk itu, pastikan tempat pemeriksaan memiliki kerja sama dengan perusahaan asuransi.
Reimbursement: Peserta asuransi perlu untuk membayar dulu biaya perawatan kesehatan lalu melakukan klaim ke perusahaan asuransi untuk diganti.

4. Berdasarkan Biaya yang Ditanggung
Tanggungan total: Pihak penyedia asuransi akan menanggung seluruh biaya perawatan kesehatan, mulai dari deteksi dini, diagnosis dokter, pengobatan, rehabilitasi, rawat inap, dan lainnya.
Tanggungan tertinggi: Pihak penyedia asuransi hanya menanggung biaya-biaya perawatan kesehatan yang tertinggi. Misalnya, biaya rawat inap, sedangkan biaya pemeriksaan awal tidak ditanggung.

5. Berdasarkan Pihak Tertanggung
Kelompok atau kolektif: Asuransi kesehatan yang memberikan manfaat pada kelompok tertentu, misalnya asuransi kesehatan untuk keluarga maupun karyawan.
Pribadi: Asuransi kesehatan yang memberikan manfaat pada satu orang saja, sesuai dengan polis asuransi yang ditawarkan.

Berapa premi asuransi kesehatan?

Setiap perusahaan asuransi kesehatan menawarkan besar premi dan manfaat yang berbeda-beda. Besarnya premi asuransi tergantung dari jenis asuransi yang dipilih dan berdasarkan beberapa faktor lain, seperti:

  • Usia dan jenis kelamin
  • Profesi
  • Tanggungan keluarga
  • Riwayat penyakit

Dalam memilih asuransi kesehatan terbaik, tentunya ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti rumah sakit yang bekerjasama, besarnya premi dan manfaat perlindungan, kemudahan dalam penggunaan, dan lainnya.

Baca juga: Lindungi yang Tersayang dengan Manfaat dari Asuransi Jiwa

Close Menu