Batal Mudik, Uangnya Sebaiknya Digunakan Untuk Apa?

Saat Batal Mudik

Lebaran identik dengan mudik atau pulang kampung dan silaturahmi dengan keluarga. Tapi, sayangnya sekarang tradisi ini harus ditunda dulu dan kamu harus batal mudik hingga wabah Corona berakhir. Pemerintah sendiri mengeluarkan himbauan untuk tidak pulang kampung. Untuk yang tetap pulang kampung, harus mematuhi aturan karantina di rumah selama 14 hari. Selain itu, pemudik juga statusnya otomatis menjadi ODP (Orang Dalam Pengawasan).

Langkah tidak mudik ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus Corona ke daerah dan pelebaran zona merah di Indonesia, Padahal biasanya memasuki bulan Ramadhan, banyak orang yang mulai mempersiapkan perjalanan mudik. Uang THR yang diperoleh menjelang lebaran, biasanya dimanfaatkan sebagai biaya perjalanan mudik atau untuk bagi-bagi THR di kampung halaman.

Kalau batal mudik dan dananya menganggur, bisa digunakan untuk apa?

Alokasi Uang THR Saat Batal Mudik

1. Tambah sebagai dana darurat

Pilihan utama dan paling bijak adalah mengalokasikannya ke dalam dana darurat. Seperti yang diketahui bersama, darurat Covid-19 belum memiliki kepastian kapan berakhir. Belakangan malah banyak berhembus berita akan terjadi gelombang kedua Corona. Di tengah krisis, persiapan dana darurat harus lebih matang dan jumlahnya ditingkatkan.

Sebagai tambahan, sebaiknya dana darurat disimpan dalam elemen yang aman dan likuid sehingga mudah dicairkan saat dibutuhkan. Beberapa pilihannya adalah:

– Tabungan

Tabungan adalah instrumen paling umum untuk menyimpan dana darurat. Keamanan dan kemudahan menjadi faktor utama, dimana saat dibutuhkan, uang dalam tabungan bisa ditarik kapanpun dan dimanapun.

– Deposito

Kamu bisa membagi dana darurat ke dalam beberapa instrumen keuangan. Deposito bisa menjadi opsi lain yang memberikan keamanan dan return sekitar 5% per tahun, tergantung dari bank dan tenor yang diambil. Kelemahannya adalah tidak bisa diambil mendadak karena ada jangka waktu tertentu. 1-24 bulan.

– Emas

Emas batangan atau logam mulia sering dijadikan safe haven yang harganya konsisten naik setiap tahun, terlebih di masa krisis seperti ini. Emas juga pencairannya mudah, bisa dijual atau digadai.

– Reksadana Pasar Uang

Produk investasi ini memiliki risiko yang paling rendah dan stabil dibandingkan produk reksadana lainnya. Reksadana pasar uang instrumen investasinya berupa deposito dan surat utang pemerintah dengan jatuh tempo maksimal 1 tahun. Rata-rata return sekitar 6-8% per tahun, serta proses pencairan 3-5 hari kerja.

 

2. Investasi

Investasi sendiri ada yang bersifat jangka pendek dan yang jangka panjang. Baiknya di masa Corona ini kamu mengubah strategi investasi menjadi investasi jangka panjang yang lebih dari 2 tahun.

– Reksadana Saham

Reksadana saham memiliki komposisi 80% saham dan 20% instrumen lainnya. Investasi ini dikelola oleh manajer investasi yang akan mengamati dinamika harga pasar saham dan menganalisanya. Potensi return bisa mencapai 15-20% dalam satu tahun. Portfolio juga akan disebar ke berbagai saham sehingga resiko bisa dikelola dengan lebih baik.

– Properti

Sekarang ini milenial sangat dipermudah dalam pembelian rumah. Seperti adanya subsidi dari pemerintah hingga program KPR milenial dari beberapa bank. Harga rumah jadi lebih terjangkau dan prosesnya mudah. Properti juga bisa dijadikan sebagai investasi, mengingat harganya yang selalu naik, sesuai dengan lokasi, desain, kondisi dan ukuran. Aset ini memang tidak bisa dicairkan dalam jangka pendek dan sangat menguntungkan untuk jangka panjang

 

3. Mewujudkan mimpi

Setiap orang pasti memiliki personal goals yang berbeda. Jadi, kalau sekarang kamu memiliki dana menganggur karena batal mudik dan bingung harus dialokasikan kemana, mewujudkan mimpi adalah pilihan yang tepat. FINOO sekarang memiliki fitur Dream Saver yang membantu kamu merancang dan mewujudkan mimpi.

Beberapa produk mimpi yang bisa diwujudkan adalah rumah, apartemen, mobil, nikah, haji/umroh, Pendidikan, travelling, handphone, dan laptop. Cara mewujudkannya bisa dengan cash atau kredit dan kamu juga bisa tentukan sendiri lama waktu pencapaian yang bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan kamu. Yuk mulai rancang dan wujudkan mimpi di sini!

Akibat batal mudik sebenarnya memberikan keuntungan secara finansial untuk bisa dialihkan ke hal-hal lain yang akan berguna di masa mendatang. Beberapa pilihan alokasi di atas bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu. Yuk tetap #dirumahaja!

Baca juga: Investasi Jam Tangan, Raih Keuntungan Hingga 100% Hanya Dalam Waktu 2 Tahun!

Close Menu