Walaupun #dirumahaja Tetap Bisa Belanja Sayur dan Buah Online Lewat Aplikasi!

Belanja buah dan sayur online

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta berlaku mulai 10-23 April 2020. Aturan ini diterapkan demi menghentikan penyebaran virus Covid-19 yang sedang mewabah di seluruh dunia. Selama masa PSBB warga harus melakukan aktivitas #dirumahaja dan hanya keluar rumah jika benar-benar dibutuhkan. Kebijakan ini tentu membatasi ruang gerak dan kegiatan kamu, termasuk untuk berbelanja kebutuhan pokok. Solusinya adalah bisa dengan belanja sayur buah atau belanja groceries online! Karena dalam situasi ini kita harus menjaga imunitas dengan mengkonsumsi makanan sehat, termasuk lauk, buah, dan sayur. Makanan sehat yang bernutrisi tinggi dapat membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh untuk menghalau terjadinya infeksi.

Beberapa jenis makanan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah:

Belanja Groceries

Brokoli, mengandung serat dan antioksidan tinggi, serta kaya vitamin A, C, dan E.

Bayam, kandungan antioksidan pada bayam hampir sama dengan brokoli, ditambah lagi adanya beta karoten, vitamin C, dan vitamin A yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Bawang putih, rempah ini mengandung zat allicin yang menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih. Serta mengandung zat yang dapat membasmi bakteri, virus, dan parasit, serta memiliki sifat antioksidan yang dapat meredakan peradangan, menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Kunyit, mengandung kurkumin yang mengandung antioksidan tinggi dan antiradang.

Buah-buahan berwarna cerah kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Beberapa jenis buah yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah pepaya, jeruk, lemon, kiwi, mangga, jambu, dan stroberi.

Makanan laut, mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), serta vitamin dan mineral. Jenis makanan laut yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh antara lain ikan, kerang, dan tiram.

Yoghurt, kaya akan probiotik. Selain yoghurt, probiotik juga banyak terkandung dalam makanan lainnya hasil fermentasi, seperti kimchi atau tempe.

Kehadiran aplikasi belanja belanja sayur buah online menjadi solusi selama PSBB. Terlebih untuk yang sedang sakit dan harus mengisolasi diri, adanya aplikasi belanja belanja sayur dan buah online sangat mempermudah.

 

Berikut adalah beberapa aplikasi belanja sayur buah online yang bisa diakses langsung lewat aplikasi, website, atau chat:

Belanja sayur buah online

1. HappyFresh

Salah satu keunggulan HappyFresh adalah memiliki personal shopper terlatih yang akan memilihkan belanjaan sesuai dengan pesanan kamu. HappyFresh juga bekerjasama dengan beberapa toko ritel, seperti Ranch Market, Transmart, Food Hall, Lotte Mart, dan lainnya.

2. Sayurbox

Sayurbox menjalankan konsep bisnis farm-to-table, dimana konsumen mendapatkan berbagai sayur, buah, dan produk pangan lainnya langsung dari petani dan produsen lokal. Sesuai dengan Namanya, kamu akan menerima paket dalam kemasan box. Unik ya!

3. Tante Sayur

Menyediakan beragam sayur dan buah organik, beserta beberapa bahan makanan lainnya. Daftar harga produk Tante Sayur telah tersedia lengkap, jadi kamu bisa langsung memesan barang yang dibutuhkan melalui nomor WhatsApp yang ada di Instagram.

4. TaniHub

Menghubungkan antara petani dan pembeli. Jadi kamu bisa mencari sembako, rempah, buah, sayur langsung melalui aplikasi dan situs belanjanya.

5. Baqoel

Baqoel menyediakan berbagai kebutuhan bahan pokok, bumbu dapur, sayur dan buah, serta produk segar dengan harga ramah di kantong. Cocok untuk kamu yang ingin berbelanja dalam jumlah banyak.

6. Brambang.com

Eits, supermarket online ini bukan hanya menjual produk bawang lho. Tersedia berbagai macam produk sayur, buah, bumbu dapur, frozen food, hingga lauk segar. Plusnya lagi ada gratis ongkos kirim yang bikin makin hemat!

7. Kecipir

Kecipir menyediakan produk sayur dan buah organik, serta berbagai bahan makanan sehat lainnya. Dapatkan juga gratis ongkos kirim dengan minimum perbelanjaan tertentu.

8. Freshbox

Kelebihan dari Freshbox adalah cara pembeliannya yang bisa melalui berbagai platform e-commerce. Dapatkan sayur dan buah lokal maupun impor dengan harga terbaik di sini!

Baca juga: Tips Belanja Online Aman Untuk Lindungi Data dari Scammers!

Beberapa catatan penting yang harus diperhatikan sebelum belanja sayur buah online adalah:

Belanja Kebutuhan Pokok

 Ongkos kirim

Beberapa platform ada yang memberikan gratis ongkos kirim dengan minimal pembelanjaan tertentu. Manfaatkan promo ini untuk menghemat pengeluaran.

  Estimasi waktu pengantaran

Pastikan kamu telah menyesuaikan estimasi pengantara barang dengan kebutuhan kamu. Jangan sampai kamu gagal memasak karena belanjaan belum datang.

Belanja di waktu yang tepat

Belanja online bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Tapi, penting untuk belanja pada saat kamu tidak sibuk dan terburu-buru agar bisa lebih bijak saat memasukkan barang ke keranjang belanja online.

Tetap lakukan protokol kesehatan

Ketika barang belanjaan datang, tetap lakukan protokol kesehatan yang disarankan WHO dan pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19. Bersihkan semua sayur, buah, telur, dan bahan makanan lain sebelum menyimpannya. Kemudian segera cuci tangan dengan sabun selama 20 detik yang sama dengan menyanyikan lagu Happy Birthday selama dua kali.

Baca juga: 8 Pertanyaan yang Membantu Kamu “Rethinking Budget” di Masa Pandemik

Close Menu