Belajar Menjadi Kaya dari Buku Rich Dad Poor Dad

Buku-rich-dad-poor-dad.jpg

Siapakah Robert T Kiyosaki? Ia adalah seorang penasihat keuangan, investor, pengusaha, dan penulis buku. Robert T Kiyosaki memiliki filosofi bahwa orang kaya menjadi semakin kaya karena memiliki pengetahuan untuk membedakan antara aset dan kewajiban atau liabilitas. Mudahnya, aset memberikan uang meskipun tanpa bekerja, sedangkan kewajiban atau liabilitas mengambil uang secara konstan.

Pada tahun 2000-an lalu, pria Amerika keturunan Jepang ini sempat mengguncang dunia dengan bukunya Rich Dad Poor Dad dan Cash Flow Quadrant yang mengupas tentang investasi dan keuangan. Dalam buku Rich Dad Poor Dad, inti cerita yang ingin disampaikan adalah tentang uang, dipandang dari segi seorang ayah yang miskin dan sosok ayah kaya, yaitu ayah dari sahabat karibnya.

Ayah X adalah seorang profesor dengan pendidikan akademik yang tinggi dan Ayah Z drop-out dari grade 8. Ayah X meninggalkan keluarga dengan hutang yang belum terbayarkan. Sedangkan Ayah Z yang drop-out menjadi salah seorang yang kaya di Hawaii dan meninggalkan kerajaan bisnis untuk anaknya.

Dalam Buku Rich Dad Poor Dad, Ayah X selalu menasihati untuk giat belajar, sekolah yang tinggi, dan menjadi pegawai. Sebaliknya, Ayah Z mengajarkan agar anak-anaknya untuk mengambil risiko, membangun usaha dan menjadi investor setelah mereka lulus sekolah. Ayah X sering berkata “Saya tidak bisa mendapatkannya”, namun Ayah Z malah bertanya “Bagaimana cara saya mendapatkannya?”

Ayah Z yang kaya mengajarkan kedua anak laki tersebut sesuatu yang berharga tentang uang dengan cara membuat mereka belajar melalui pengalaman. Pelajaran terpentingnya adalah bagaimana menggunakan pikiran dan waktu untuk membangun kesejahteraan serta kekayaan pribadi. Bebaskan diri anda dari istilah “Rat Race”, yang merupakan pengejaran sesuatu tanpa henti, tetapi tanpa hasil.

Mulailah untuk belajar tentang peluang yang ada, buat solusi untuk masalah yang ada dan “Berpikirlah untuk membangun kerajaan bisnis sendiri”. Belajar untuk membuat uang bekerja untuk Anda dan berhentilah menjadi budak uang.

Kutipan terbaik dari Buku Rich Dad Poor Dad :
• “Anda adalah apa yang Anda pikirkan.”
• “Pekerjaan adalah solusi jangka pendek untuk masalah jangka panjang.”
• “Budak dengan bayaran tinggi tetaplah seorang budak!”
• “Kenapa harus memanjat tangga karir di perusahaan bila anda bisa memiliki tangganya sekalian?”

Jadi, sudahkah bersiap untuk kaya seperti kisah inspiratif dari Buku Rich Dad Poor Dad?

Close Menu