Cara Mudah Agar Kartu Kredit Pertama Disetujui

cara membuat kartu kredit

Apa yang ada dipikiran kamu tentang kartu kredit? Alat pembayaran? Hutang? Bunga? Ada berbagai opini positif dan negatif tentang kartu kredit ini. Sebenarnya kartu kredit adalah salah satu jenis alat pembayaran yang bisa memudahkan kamu dalam bertransaksi secara offline maupun online. Namun seringnya yang membuat kartu kredit menjadi menyeramkan adalah saat kartu kredit dijadikan alat hutang dan kemampuan penggunanya untuk membayar hutang rendah. Banyak juga yang mengeluhkan cara membuat kartu kredit yang sulit dengan persyaratan bejibun. Kalau dicari tau lebih dalam, sebenarnya persyaratan membuat kartu kredit cukup mudah dan ada banyak keuntungan yang diberikan.

Keuntungan penggunaan kartu kredit:

  • Mempermudah transaksi online dan offline
    Kartu kredit akan mempermudah transaksi jual beli secara online maupun offline. Contohnya, saat kamu membeli barang dengan nominal besar, maka akan lebih praktis untuk membayarnya dengan kartu kredit. Selain itu, kartu kredit juga memudahkan untuk transaksi belanja online, terlebih untuk pembelanjaan di website internasional.
  • Banyak promosi
    Bank penyedia kartu kredit banyak memiliki Kerjasama dengan berbagai merchant dengan memberikan diskon spesial yang menguntungkan. Promo ini juga bisa menjadi strategi penghematan transaksi bulanan kamu.
  • Bisa cicilan bunga 0%
    Keuntungan lainnya adalah fitur cicilan dengan bunga 0% sehingga memungkinkan penggunanya untuk membeli barang dengan cara mencicil setiap bulannya selama masa tenor tanpa bunga sedikitpun. Tenor kredit yang ditawarkan biasanya mulai dari 3-24 bulan.
  • Memudahkan pembayaran tagihan
    Kartu kredit juga bisa memudahkan penggunanya untuk membayar tagihan dengan mudah melalui fitur ‘Bill Payment’. Pengguna kartu kredit cukup mendaftarkan tagihan rutin bulanan, seperti tagihan listrik, tv kabel, cicilan rumah, internet dan lainnya. Dengan begitu, nasabah tidak perlu khawatir lupa untuk membayar tagihan karena secara otomatis kartu kredit akan membayar tagihan yang sudah didaftarkan.
  • Bisa membangun reputasi kredit
    Penggunaan kartu kredit bisa bermanfaat membangun reputasi kredit apabila digunakan dengan tepat. Perilaku dan kebiasaan nasabah dalam menggunakan kartu kredit akan terekam oleh bank penerbit kartu dan termuat dalam database kredit nasional. Data tersebut bisa menjadi informasi berharga bagi bank apabila suatu saat nasabah pengguna kartu kredit mengajukan permohonan pinjaman pada lembaga keuangan.

Baca juga: Ikut Restrukturisasi Kartu Kredit Akibat Corona, Untung atau Rugi?

Cara membuat kartu kredit pertama agar disetujui

kartu kredit adalah

Cara membuat kartu kredit bisa secara offline maupun online. Meski cara secara offline masih tetap dilakukan, namun mengajukan secara online akan lebih mudah dan simple, hemat waktu, dan aman. Pembuatan kartu kredit bisa sedikit tricky, agar pengajuannya bisa diloloskan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

1. Ketahui batas usia pengajuan kartu kredit

Perlu dicatat, syarat usia pengajuan kartu kredit bisa beragam, sesuai dengan ketentuan bank penyedia. Namun biasanya berkisar antara usia 21-60 tahun dan untuk kartu tambahan minimum 17 tahun. Jadi, pastikan usia kamu sudah memenuhi syarat sebelum mengajukan kartu kredit.

2. Ketahui syarat minimum penghasilan bulanan

Ada syarat pendapatan minimum yang disesuaikan dengan jenis kartu kredit yang ingin diajukan. Kamu harus mencari tau terlebih dahulu berapa minimum penghasilan yang harus dimiliki untuk memiliki kartu kredit dari bank pilihan kamu.

3. Mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan

Prosedur pengajuan kartu kredit terus dipermudah. Persyaratan yang diberikan semakin disederhanakan begitu juga dengan langkah pengajuannya. Namun untuk memperlancar proses pengajuan kartu kredit, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti KTP, slip gaji, dan NPWP.

4. Mulai mengajukan pembuatan kartu kredit

Cara membuat kartu kredit sebenarnya ada beberapa cara, yang paling dasar adalah dengan datang langsung ke bank untuk mengajukan pembuatan kartu kredit. Tapi perlu dicatat, tidak semua kantor cabang melayani pengajuan kartu kredit. Biasanya hanya bank pusat yang ada di tiap daerah saja yang menerimanya. Cara yang paling mudah saat ini adalah secara online melalui website bank atau pihak perantara yang resmi, kemudian akan ada staff yang akan memverifikasi kelengkapan persyaratan dan data.

5. Ajukan sesuai domisili

Saat hendak mengajukan pembuatan kartu kredit, ada satu hal yang perlu dicatat. Tidak semua bank menerima pengajuan kartu kredit pertama dengan mudah. Jika ini adalah kali pertamanya kamu membuat kartu kredit, sebaiknya terlebih dahulu membuka rekening di bank tersebut dan pastikan untuk mengajukan pembuatan kartu kredit sesuai alamat domisili.

Memiliki kartu kredit sebenarnya bisa menguntungkan jika digunakan secara bijak. Ada banyak diskon dan reward yang diberikan, terlebih dalam penggunaannya membuat transaksi lebih praktis. Penting diingat, dalam penggunaan kartu kredit kamu harus memperhatikan tanggal jatuh tempo, besarnya bunga tepat bayar, bunga tarik tunai, dan beberapa biaya transaksi tambahan lainnya.

Baca juga: Mencari Pinjaman Uang Tanpa Bunga Mencekik? Ini Solusinya!

Close Menu