Mau Dapat Penghasilan Tambahan? Ini Cara Memulai Bisnis Online Dengan Modal Minim!

Cara memulai bisnis online

Di masa pandemik ini, banyak orang yang mulai mencari penghasilan tambahan di tengah ketidakpastian ekonomi yang terjadi. Salah satunya dengan memulai bisnis baru di berbagai bidang, mulai dari makanan dan minuman, kesehatan, masker, kecantikan, dan lainnya yang dilakukan secara online. Peluang bisnis online memang masih terbuka lebar, namun kamu harus benar-benar menentukan secara tepat produk yang ingin dijual dan target marketnya. Cara memulai bisnis online sebenarnya cukup mudah dilakukan di zaman serba canggih dan online seperti ini.

1. Miliki mindset bisnis yang benar

Peluang bisnis online

Seorang entrepreneur harus dapat mengatur pola pikirnya atau mindset sebagai seorang pebisnis. Mindset awal yang harus dimiliki adalah berfikir positif untuk membentuk kepercayaan diri dan membangun motivasi agar dapat lebih berkembang. Kedua adalah bertanggung jawab dengan keputusan yang diambil terhadap segala aspek yang terkait dengan usahanya, kesejahteraan usaha dan timnya. Ketiga adalah berpikir untuk memulai dari sekarang karena tidak ada yang instan, tanpa proses. Keempat adalah siap dan berani untuk gagal. Semua orang yang telah suksess pasti pernah merasakan kegagalan. Cara untuk meminimalisir kegagalan adalah mau belajar dari kesalahan serta kritikan dari orang luar, jangan pernah mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Terakhir adalah memiliki komitmen dan tekad yang kuat agar fokus pada satu tujuan yang ingin dicapai.

2. Menentukan tujuan dan strategi bisnis

Ide bisnis

Sama seperti jenis bisnis lainnya, dalam membangun bisnis online ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, seperti:

  • Modal
  • Produk yang akan dijual
  • Target market
  • Strategi pemasaran
  • Kelangsungan bisnis dan tren bisnis

Beberapa tips untuk menemukan ide produk dalam bisnis online:

  • Carilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, carilah apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar kita.
  • Kita adalah problem solver, kita adalah perantara solusi dari permasalahan orang-orang.
  • Tukar manfaat yang bisa kita berikan, menjadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan.
  • Kebanyakan orang salah langkah pada tahapan ini.

Banyak yang terlalu berfokus pada produknya dulu, bukan pada kebutuhan orang-orang, sehingga bahkan banyak yang tumbang sebelum mencapai penjualan pertama. Maka sebaiknya lakukanlah riset produk, dan pilihlah produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat, yang berarti banyak yang membutuhkan atau ada pasarnya.

Untuk jenis produknya, bisa berbentuk produk fisik, jasa, ataupun digital.

  • Contoh barang fisik, sabun herbal, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan bangunan, dan lainnya.
  • Contoh produk digital, bisa berupa pulsa, ebook, produk-produk informasi, kursus online, software.
  • Contoh jasa, bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, jasa pembayaran tiket pesawat dan kereta api, dan jasa-jasa yang lain.

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan Saat Corona Untuk Penghasilan Tambahan

3. Buat website atau toko online

Promosi bisnis

Setelah memutuskan produk apa yang akan digunakan untuk memulai bisnis online, berikutnya adalah membuat buat website atau katalog produk. Tujuannya adalah sebagai media untuk mengkomunikasikan apa yang ditawarkan kepada calon customer. Salah satu benefit menjalankan bisnis lewat internet, tidak harus menggunakan tempat secara fisik, seperti bangunan toko, bangunan ruko, atau gedung yang besar.
Tempat untuk memasarkan dan menaruh produk bisa berbentuk website, toko online, media sosial, maupun situs marketplace. Biaya dalam pembuatan toko online ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan membuat toko fisik atau konvensional, dimana budgetnya bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan promosi atau lainnya.

4. Promosi online

Promosi bisnis online

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah dengan membuat promosi online. Kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan sial media, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan situs sosial media lainnya. Cara ini adalah salah satu cara tercepat untuk menyebarluaskan informasi bisnis dan jualan. Kemudian, kamu juga bisa mulai memajang produk maupun jasa di situs-situs direktori bisnis, situs forum seperti Kaskus, dan situs-situs marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Selain itu, untuk tingkat promosi yang lebih “advance”, bisa melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dengan teknik SEO (Search Engine Optimization).

5. Membangun sistem bisnis

Sistem bisnis online

Salah satu kunci sukses yang harus diasah untuk memulai suatu usaha untuk yang pertama kalinya, adalah mengasah kemampuan menjual. Namun ada satu hal lain yang tidak boleh dilupakan, bahwa dalam membangun bisnis juga berarti membangun sistem. Ini adalah syarat mutlak supaya bisnis yang kamu bangun bisa menjadi sebuah aset. Ada serangkaian proses yang menjamin keberlanjutan dan keberlangsungan suatu usaha. Proses inilah yang dilakukan oleh sistem, sehingga ketika kamu sebagai owner ingin mengambil cuti atau memutuskan tidak ingin aktif lagi dalam usaha yang sudah dirintis, bisnis masih tetap bisa jalan dan tetap mendatangkan penghasilan (passive income).

Hingga saat ini masih ada banyak ide bisnis online dan peluang bisnis online yang bisa kamu coba. Cara memulai bisnis online yang utama adalah membulatkan tekat dan niat. Faktor penentu kesuksesan suatu bisnis, 95% ditentukan oleh kualitas pribadi manusia. Ini adalah hal-hal yang sifatnya non-teknis, dan sisanya adalah yang sifatnya teknis.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Tau Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Close Menu