From Passion to Profession, Bagaimana Caranya?

Cara menemukan passion

Banyak orang merasa terjebak dalam pekerjaan yang membosankan dan tidak sesuai dengan passion. Tapi, sebenarnya apa itu passion? Jadi, passion adalah perasaan yang sangat kuat seseorang pada sesuatu. Passion seringkali menjadi akar dari berbagai hal sebelum seseorang melakukan sesuatu. Begitu kuatnya hingga terkadang orang bersedia melakukan apapun meski dengan pengorbanan yang cukup besar. Wah, kalau begitu berarti saat bisa bekerja sesuai dengan passion akan sangat menyenangkan dong? Pastinya, karena kamu bekerja benar-benar dengan hati. Tapi yang sering menjadi kendala adalah cara menemukan passion. Banyak orang dewasa yang sudah bekerja tapi tidak sesuai passion bahkan belum tau passion di bidang apa.

Keuntungan bekerja sesuai passion:

Bekerja bukan karena tuntutan melainkan menjalankan hobi
Kamu benar-benar menikmati pekerjaan dan tidak merasa terbebani karena melakukannya sebagai sumber kebahagiaan. Kamu akan merasakan bahwa hidupmu bukan untuk dituntut mengejar target tapi mengerjakan apa yang kamu inginkan.

Kemampuan terus berkembang
kemampuan kamu dalam passion tersebut semakin berkembang dari hari ke hari. Hal ini juga akan sebanding dan sejalan dengan hasil pekerjaan di kantor. Perlahan tapi pasti, kamu akan merasakan manfaat ini.

Semakin tertantang
Sebagian orang mungkin merasa terbebani saat diberikan pekerjaan baru yang menantang. Tapi saat kamu bekerja sesuai passion, maka pekerjaan baru akan menjadi tantangan menarik yang ingin kamu hadapi dan selesaikan.

Mengurangi tingkat stres atau depresi
Walaupun pekerjaan tetap bisa membuat kamu stress, tapi dengan bekerja sesuai passion kamu akan tetap merasa bahagia, karena hal ini adalah yang benar-benar kamu ingin lakukan. Bahkan, lembur pun tidak akan jadi masalah bagimu karena merasa memiliki tanggungjawab yang harus diselesaikan.

Kreativitas dan ide mudah mengalir

Mood seringkali mempengaruhi kreativitas seseorang. Jika pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai dengan hati, tentu saja mood akan lebih sering naik-turun tidak terkendali. Kondisinya akan berbeda jika kamu bekerja sesuai dengan passion, ide dan kreativitas akan lebih mudah mengalir dan kamu akan terus semangat menjalani pekerjaanmu.

Baca juga: Ikigai: Sebuah Konsep Untuk Lebih Mencintai Hidup dan Pekerjaan

Cara menemukan passion yang bisa menjadi pekerjaan:

Passion adalah

1. Cari tau passionmu di bidang apa

Sesuai dengan pengertiannya, passion haruslah sesuatu yang benar-benar kamu senangi untuk dilakukan dan kamu juga memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan hal tersebut. Kamu ingat bahwa ada perbedaan besar antara hobi dan passion, dan sangat krusial bagi kamu untuk dapat membedakan keduanya. Sebagai contoh, hanya karena kamu suka menggambar, bukan berarti kamu harus menjadikan kegiatan tersebut atau menjadi pelukis sebagai pilihan karir. Kamu mungkin bisa lebih unggul jika menggabungkan gambar dengan teknologi, misalkan menjadi desain grafis. Milikilah pikiran yang terbuka dan eksplorasi segala opsi yang kamu miliki.

2. Tentukan tingkat demand

Setelah menemukan apa yang menjadi passion dan saat ingin membuatnya menjadi pekerjaan, kamu juga harus mengetahui level permintaan pasar akan keahlianmu. Pilihlah bidang pekerjaan yang memiliki tingkat permintaan yang tinggi. Sangat berisiko untuk memilih pekerjaan atau karir yang memiliki tingkat permintaan pasar yang rendah, atau yang memiliki banyak kompetitor. Tapi jika benar-benar percaya diri dengan kemampuan kamu, sangat mungkin juga untuk bisa berkompetisi dengan kompetitor lainnya dan mengunggulinya. Pastikan kamu memiliki strategi yang baik sebelum memutuskan menjadikan passion sebagai profession.

3. Lakukan penelitian

Kamu harus melakukan penelitian yang menyeluruh dan mendetail mengenai apa yang dibutuhkan untuk dapat meluncurkan karir di bidang yang kamu minati. Sebagai contoh, kamu mungkin memerlukan gelar, pendidikan, atau pelatihan khusus. Kamu tidak bisa serta merta mengklaim latar belakang hobi atau passion sebagai spesifikasi dalam dunia kerja tanpa bentuk nyata hasil pekerjaan.

4. Buat plan A, B, hingga E

Buatlah perencanaan yang mendetail mengenai langkah-langkah yang harus kamu ambil untuk mengubah passion menjadi karir yang realistis. Masukkan juga hal-hal yang perlu kamu lakukan dan berapa banyak dana yang kamu butuhkan untuk memulai karirmu. Jika memungkinkan, buatlah juga rencana cadangan jika rencana pertama tidak berhasil.

5. Kembangkan kualitas diri dan fleksibel

Agar dapat ditanggapi secara serius, kamu harus menjadi seorang profesional. Tentunya untuk menjadi seorang yang profesional, kamu butuh mengembangkan kualitas diri dengan mengikuti pelatihan, seminar, dan lainnya. Selain itu juga, pastinya perjalananmu tidak akan selalu lancar, siapkanlah rencana dan penyesuaian jika suatu saat terjadi masalah. Jadilah terbuka akan nasihat dan kritik karena pandangan orang lain dapat membuka mata dan pikiranmu akan hal-hal baru.

Mengubah passion menjadi karir membutuhkan motivasi dan perjuangan. Beberapa cara menemukan passion di atas bisa membantu kamu untuk lebih cepat dan mudah dalam menemukannya. Jadilah proaktif dan ambil langkah setiap hari untuk menjadi lebih dekat dengan tujuanmu. Perjuanganmu akan membuahkan hasil dan pada akhirnya, kamu akan dapat bekerja di bidang yang kamu suka.

Baca juga: 6 Situs Belajar Online Untuk Upgrade Skill

Close Menu