5 Alasan Mengapa Kamu Harus Tau Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Pernahkah kamu berpikir mengapa mengatur keuangan pribadi menjadi salah satu hal penting dalam hidup? Kita sering terjebak dalam kesibukan dan fokus lain sehingga lupa betapa pentingnya memiliki pengetahuan tentang cara mengatur keuangan pribadi. Kita harus memahami alasan mengapa kita harus mengelola dan merencanakan keuangan. Ketika menginginkan kebebasan finansial, skill mengatur basic keuangan pribadi memainkan peran penting dan akan membantu memastikan semua uang yang dimiliki dikelola dengan baik.

Apa itu Keuangan Pribadi?

Keuangan pribadi merujuk pada pengaturan keuangan individu atau keluarga yang terdiri dari pengeluaran, investasi, tabungan, budgeting, perencanaan pensiun, asuransi, rencana KPR, dan lainnya. ‘Melek finansial’ akan membantu seseorang dalam membuat keputusan keuangan yang tepat, akurat, dan bermanfaat untuk masa depan keuangan mereka. Memiliki rencana keuangan akan membantu kamu memenuhi kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang sesuai dengan penghasilan dan kemampuan yang dimiliki.

Lantas, mengapa penting untuk kita mengetahui cara mengatur keuangan pribadi?

1. Meningkatkan Cash Flow

Mengatur Cash Flow

Perencanaan keuangan membantu kamu dalam meningkatkan cash flow dengan cara memantau pola dan sifat pengeluaran setiap bulannya. Dengan perencanaan keuangan, kamu dapat memonitor keuangan yang mencakup membuat anggaran atau budgeting yang cermat dan pengeluaran yang bijaksana serta tidak berlebihan. Hal ini tentunya membantu menjaga kestabilan keuangan karena setiap kebutuhan telah memiliki budgetnya masing-masing.

2. Membantu Mengidentifikasi Kesalahan

Evaluasi Keuangan

Tidak hanya pengeluaran tetapi perencanaan keuangan keseluruhan membuat kamu menyadari kesalahan penggunaan dana yang selama ini dilakukan sehingga dapat diperbaiki. Cara mengatur keuangan pribadi yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, kemudian mengalokasikannya kepada kebutuhan yang lebih penting, seperti melunasi hutang, menambah tabungan, ataupun investasi.

Baca juga: Siapa yang Lebih Jago Dalam Mengatur Keuangan? Pria atau Wanita?

3. Memiliki Dana Darurat

Dana Darurat

Kita tidak dapat memprediksi masa depan, hal apapun bisa saja terjadi, termasuk hal buruk yang tidak diinginkan. Ibarat sedia payung sebelum hujan, dengan memiliki perencanaan keuangan pribadi yang baik kita dapat menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan mendesak. Misalnya biaya pengobatan ketika jatuh sakit atau tiba-tiba kehilangan pekerjaan dan harus memenuhi kebutuhan sehari-hari sambil mencari pekerjaan baru.

4. Mewujudkan Personal Goals

Mewujudkan Personal Goals

Setiap orang pasti memiliki personal goals atau tujuan di hidupnya. Seperti membeli kendaraan, membeli rumah, menikah dan lain-lain. Dengan perencanaan keuangan yang tepat seperti perencanaan, penghematan dan menabung tentunya akan membantu mewujudkan tujuan tersebut sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

5. Memiliki Masa Pensiun yang Nyaman

Dana Pensiun

Setiap orang pasti pasti mendambakan masa pensiun yang nyaman dari segi psikologis dan finansial. Penting bagi kita untuk menyiapkannya sedini mungkin dengan berinvestasi ataupun menabung di dana pensiun sedini mungkin. Dana pensiun ini dapat berupa tabungan, investasi, atau passive income yang menghasilkan untuk jangka panjang. Semua hal ini tentunya bisa didapatkan dengan melakukan perencanaan keuangan yang cermat dan tepat.

Dengan mengetahui cara mengatur keuangan pribadi, kamu telah satu langkah lebih maju untuk memiliki masa depan keuangan yang stabil. Buat perubahan sekarang, dan dampaknya ada pada keuangan kamu di masa depan.

Baca juga: Ingin Keuangan Lebih Sehat? Yuk Coba Jalani 30 Hari Detoks Keuangan!

Close Menu