Cara Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga Untuk Wanita Karir

mengatur keuangan rumah tangga

Menikah bukan berarti karir seorang wanita harus berakhir. Selama ada kesepakatan dengan suami, wanita bisa memiliki 2 peran, yaitu sebagai ibu rumah tangga dan wanita karir. Ketika suami dan istri sama-sama bekerja, tentunya keuangan akan lebih stabil karena ada 2 pemasukan rutin setiap bulannya sehingga tujuan keuangan keluarga juga lebih mudah tercapai. Untuk mencapai tujuan keuangan, penghasilan yang besar saja tidak cukup untuk mewujudkannya, dibutuhkan cara tepat untuk mengatur keuangan rumah tangga agar penghasilan tersebut bisa dialokasikan dengan bijak untuk setiap pos keuangan.

Manfaat memiliki tujuan keuangan rumah tangga:

Dalam mengatur keuangan rumah tangga, suami dan istri berperan penting untuk membuat tujuan keuangan sejak awal karena memiliki banyak manfaat, berikut adalah manfaatnya:

  • Membuat prioritas dapat terpenuhi
  • Dapat memaksimalkan hasil investasi
  • Mengontrol pengeluaran dengan baik
  • Masa depan keuangan terjamin

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga ala wanita karir?

cara mengatur keuangan

1. Buat daftar pos pengeluaran

Mulailah dengan menghitung total pendapatan kamu dan suami, kemudian membuat alokasi pos pengeluaran bulanan atau budgeting. Untuk pembagian persentasenya ada banyak teori yang bisa digunakan, tetapi pastikan untuk menyesuaikannya sesuai kebutuhan karena perencanaan keuangan untuk setiap keluarga berbeda-beda. Beberapa pos yang biasanya cukup penting adalah kebutuhan konsumsi harian, tagihan listrik dan air, cicilan wajib bulanan, transportasi, hiburan, dana darurat, tabungan, dan investasi. Sebagai wanita karir, mungkin kamu tidak memiliki waktu untuk membuat budgeting secara rinci dan tepat, solusinya adalah dengan pakai Aplikasi FINOO yang bisa membantu kamu untuk membuat budgeting bulanan.

2. Buat kalender tagihan

Untuk membuat keuangan rumah tangga lebih teratur, ada baiknya kamu membuat kalender tagihan setiap bulan. Tandai setiap tanggal berapa saja harus membayar tagihan air, listrik, kartu kredit, cicilan rumah, uang sekolah anak, dan lainnya. Biasakan untuk teratur membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo agar menghindari dari biaya denda. Kalau kamu tipe orang yang malas ribet, cobalah untuk menerapkan sistem auto-debet, jadi semua tagihan akan otomatis terbayar.

Baca juga: Tips Menyusun Perencanaan Keuangan Untuk Keluarga Muda

3. Miliki dana darurat

Sebelum menabung atau investasi, pos keuangan yang penting untuk dimiliki adalah dana darurat. Dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk digunakan hanya saat keadaan darurat, seperti saat sakit, kecelakaan, atau kehilangan pekerjaan. Mengapa dana darurat penting? Tentu saja sebagai dana cadangan jika kamu kehilangan penghasilan dan tetap bertahan hidup sampai keadaan kembali pulih. Dana darurat yang perlu disiapkan biasanya berdasarkan pengeluaran bulanan karena fungsinya adalah untuk mengcover pengeluaran kamu. Untuk yang sudah berkeluarga, minimal miliki 9-12x pengeluaran bulanan.

4. Membuat gol dalam menabung dan investasi

Kunci sukses mengatur keuangan rumah tangga adalah kemampuan dalam menabung. Tips untuk menabung adalah dengan menyisihkan, bukan menyisakan uang setiap bulan. Banyak orang yang mengelola dengan kurang tepat dan tidak membuat budget untuk menabung, hanya mengandalkan sisa gaji di akhir bulan. Ternyata gaji tersebut sudah terlanjur habis dan alhasil tidak bisa menabung. Padahal jika setiap awal bulan, kamu dan pasangan teratur menyisihkan setidaknya 10-20% pendapatan bulanan ke rekening tabungan, hasilnya bisa terlihat dalam waktu hanya 1 tahun. Jika memungkinkan, kamu bisa memisahkan tabungan dan investasi. Hasil dari keduanya kemudian bisa dialokasikan untuk tujuan keuangan rumah tangga.

5. Pantau pengeluaran

Setelah mengetahui pos pengeluaran apa saja dan berapa nominal yang dialokasikan untuk setiap pos, sekarang waktunya untuk melakukan implementasi dan evaluasi. Cobalah untuk terus memantau pengeluaran selama sebulan, apakah alokasi yang kamu buat sesuai dengan yang dikeluarkan. Bagaimana caranya? Aplikasi FINOO bisa menjadi solusinya! Kamu dapat dengan mudah mencatat pengeluaran hanya lewat handphone. Setelah mengetahui pengeluaran harian, kamu bisa mengevaluasi dimana pos keuangan yang masih bocor, yang bisa dikurangi, atau bahkan dihilangkan.

Cara mengatur keuangan rumah tangga ini sebenarnya bisa mudah dilakukan oleh siapapun, termasuk wanita karir yang memiliki segudang kesibukan. Ada banyak tool ataupun literasi yang dapat membantu. Kamu hanya butuh untuk lebih banyak mencari tau dan konsisten dalam menerapkannya, demi tujuan keuangan tercapai dan kestabilan finansial.

Baca juga: 4 Rahasia Dalam Mengatur dan Merencanakan Keuangan Keluarga

Close Menu