Mencapai Financial Freedom di Masa Produktif, Mungkinkah?

Financial Freedom

Kebebasan finansial atau sering juga disebut financial freedom mungkin menjadi wishlist untuk para generasi milenial yang saat ini berada di usia produktif. Secara pengertian, financial freedom adalah keadaan dimana seseorang memiliki kendali penuh atas uang yang dimiliki dan tidak membiarkan uang menghalangi keputusan-keputusan dalam hidup. Seringnya kebebasan finansial dihubungkan dengan pensiun dini atau bekerja hanya jika mau karena seseorang tersebut bisa hidup dari passive income, tanpa cicilan, dan hidup tidak lagi khawatir tentang uang.

Financial freedom sebenarnya bersifat pribadi dan sesuai dengan personal goals masing-masing orang. Untuk seseorang, mungkin financial freedom berarti bisa travelling keliling dunia, sedangkan untuk orang lainnya mungkin financial freedom berarti bisa membiayai anak-anaknya ke perguruan tinggi terbaik. Jadi, setiap orang memiliki kebebasan finansial versinya masing-masing. Bagaimana dengan financial freedom versi kamu?

Sebelum mencapai keadaan financial freedom, umumnya orang-orang akan melewati beberapa tahapanan dalam keadaaan keuangannya, yaitu:

  • Dependence. Ini tahap ketika kamu masih belum memiliki penghasilan dan bergantung penuh pada orang lain.
  • Solvency. Di tahap ini, kamu mulai bisa memenuhi kebutuhan sendiri, namun terkadang masih membutuhkan bantuan dari orang.
  • Stability. Pada tahap ini kamu bisa memenuhi semua kebutuhan sendiri, melunasi beberapa hutang, menekan pengeluaran, dan mulai bisa menabung. Tapi masih ada kemungkinan kamu tetap memiliki hutang produktif maupun konsumtif.
  • Debt freedom. Pada titik ini, kamu telah mampu menyisihkan uang untuk dana darurat karena telah melunasi sebagian besar hutang. Kamu tidak lagi hanya memiliki cukup uang untuk bertahan hidup, namun juga berhasil memperbaiki keadaan keuangan menjadi lebih baik.
  • Financial security. Kamu sudah mulai memasukkan dana untuk investasi berharga yang dapat menghasilkan return jangka pendek, menengah dan panjang. Kamu pun mulai menikmati keuntungan dari investasi yang kamu lakukan.
  • Financial independence. Kamu terus melakukan investasi jangka panjang secara solid hingga suatu titik pendapatan dari investasi saja bahkan dapat menutupi kebutuhan gaya hidup saat ini.
  • Financial freedom. Ini adalah kondisi dimana kondisi keuanganmu dapat mencukupi gaya hidup yang kamu inginkan dengan tanpa bekerja. Uang bisa mengalir dari passive income.
  • Abundance. Bila pendapatanmu terus mengalir dan kondisi keuangan dapat memenuhi gaya hidup yang diinginkan, tidak menutup kemungkinan kamu bahkan dapat mencapai tahap keuangan paling akhir. Di tahap ini kamu memiliki pendapatan yang bahkan melebihi kebutuhan kamu sendiri. Sehingga yang perlu dilakukan adalah mengelola kekayaan atau mempertimbangkan rencana untuk menurunkannya.

Baca juga: Dear Fresh Grads, Ini Tips Mengelola Keuangan Agar Tidak Menyesal di Usia 30-an!

Jika kamu berencana mewujudkan personal goals dan memiliki kebebasan finansial sebelum memasuki usia pensiun, beberapa langkah ini bisa kamu lakukan:

Financial Freedom adalah

1. Pahami posisi dan kondisi keuangan

Setiap orang memiliki profil keuangan beserta dengan resikonya masing-masing. Nah, sebelum menyusun rencana untuk mencapai financial freedom, kamu harus mengetahui terlebih dahulu dimana titik awal. Lihat secara detail berapa hutang yang dimiliki, berapa banyak tabungan yang dimiliki, dan berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk mencapai personal goals.

Berapapun hutang kamu sekarang, berkomitmenlah untuk melunasinya. Tidak memiliki utang adalah salah satu langkah yang harus ditempuh untuk mencapai financial freedom. Kemudian, hitunglah total aset yang dimiliki, mulai dari tabungan, investasi, dan lainnya. Perhitungkan juga gaji bulanan dan penghasilan tambahan yang bisa diterima setiap bulan.

2. Lacak setiap pengeluaran

Langkah penting selanjutnya menuju financial freedom adalah mengetahui kemana perginya uang. Kamu bisa menggunakan aplikasi FINOO untuk memudahkan dalam mencatat keuangan harian. Mencatat keuangan akan memudahkan untuk kamu mengetahui berapa banyak uang yang dibelanjakan, dalam kategori apa yang melebihi anggaran, berapa banyak aset, dan berapa banyak utang yang dimiliki. FINOO juga memiliki fitur Dream Saver yang memudahkan kamu untuk menetapkan tujuan keuangan, dapat melacak progress pencapaiannya, dan mengetahui kapan kamu akan mencapai tujuan keuangan tersebut.

3. Apakah penghasilan saat ini cukup?

Financial freedom adalah keadaan dimana kamu tidak lagi memikirkan tentang uang untuk hal-hal yang ingin dilakukan. Berarti, kamu harus memiliki penghasilan yang bisa memenuhi semua kebutuhan, melunasi hutang, dan menyisihkannya untuk menabung serta investasi. Kalau saat ini kamu bekerja kantoran, coba untuk mereview apakah karir dan pendapatan saat ini mendukung untuk mencapai kebebasan finansial? Alternatif lain juga bisa dengan mencari pendapatan tambahan yang bisa menambah aset.

4. Investasi

Nilai uang yang kamu miliki lambat laun bisa berkurang karena pengaruh inflasi. Untuk menghindari hal tersebut, investasi adalah pilihan tepat untuk sebagai cara untuk mencapai financial freedom. Pemilihan investasi juga harus dilakukan secara tepat dengan mempertimbangkan jangka waktu, resiko, dan return yang diberikan.

Hal lain yang juga dibutuhkan untuk mencapai financial freedom adalah pengetahuan finansial. Semakin banyak pengetahuan tentang keuangan yang kamu miliki, semakin tepat keputusan keuangan yang bisa dibuat. Teruslah belajar tentang keuangan, mulai dari yang basic hingga spesifik melalui berita, buku, podcast, webinar, sosial media, dan sumber informasi lainnya.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Tau Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Close Menu