Ide Bisnis Rumahan Saat Corona Untuk Penghasilan Tambahan

Ide-Bisnis-Rumahan

Menjelang bulan Ramadhan dan ditengah pandemik Covid-19, kebutuhan sehari-hari meningkat dengan harga barang yang makin naik. Kalau hanya mengandalkan gaji saja, mungkin belum mencukupi untuk semua kebutuhan. Apalagi saat #dirumahaja, ada banyak ide bisnis rumahan yang bisa kamu coba! Untuk menentukan ide bisnis rumahan yang laku di pasaran, kamu harus kreatif dan melakukan banyak inovasi.

Kira-kira apa ya yang sedang hits saat ini? Adanya pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), membuat banyak orang yang terbatasi ruang geraknya. Termasuk untuk keluar rumah mencari makanan atau kebutuhan lainnya. Kamu bisa mencari peluang dengan membuat beberapa ide bisnis online saat ini untuk menambah penghasilan.

Ide bisnis rumahan online paling laku saat ini:

Ide Bisnis Rumahan

Produk Kesehatan

Salah satu bisnis yang tidak mengalami dampak penurunan, malah penjualannya meningkat adalah produk-produk kesehatan. Di beberapa e-commerce belanja online, tercatat kenaikan transaksi hampir 3 kali lipat dari bulan-bulan sebelumnya. Terlebih saat ini pemerintah mewajibkan penggunaan masker kain ketika keluar rumah. Artinya, potensi pasar masker kain akan terus bertumbuh kencang.

Selain masker, hand sanitizer dan cairan disinfektan adalah barang-barang yang paling banyak dicari saat corona. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini menjadi ide bisnis rumahan untuk membuat masker kain rumahan atau DIY hand sanitizer dan disinfektan.

Jamu kesehatan

Belakangan nama jamu empon empon menjadi hits dan diyakini dapat memperkuat sistem imun untuk menangkal vius corona. Empon-empon sebenarnya miliki 283 jenis, sedangkan yang sering dimanfaatkan sekitar 12 jenis tanaman saja. Seperti temulawak, jahe, lempuyang gajah, cabe Jawa, kedawung, lengkuas, lempuyang wangi, kencur, pula sari, kunyit, bangle, dan adas.

Cara mengkonsumsi jenis jamu empon empon biasanya direbus dan diminum saat masih hangat. Dilihat secara historis, kebiasaan minum jamu sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu hingga sekarang. Kamu bisa memanfaatkan untuk menjual jamu empon empon dalam bentuk ready to drink atau olahan yang ready to serve.

Frozen food dan Ready to eat food

Ide bisnis makanan online sangat berkembang belakangan ini, terlebih untuk frozen food dan makanan ready to eat. Minggu pertama #dirumahaja banyak orang yang menjadi chef dadakan dan rajin memasak di dapur. Semakin lama, beberapa orang mulai malas dan ingin praktis dengan membeli makanan online yang siap dimakan hanya dengan dihangatkan atau digoreng. Kalau tertarik dengan bisnis ini kamu bisa memulainya sebagai produsen langsung, kemitraan, atau dropshipper.

Snack dan Dessert

Menjaga mood tetap baik sangat dibutuhkan saat work from home, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan manis dan snacking. Makanan manis mampu mengaktifkan pusat kesenangan di otak, sehingga bisa membuat seseorang merasa bahagia setelah mengonsumsinya. Jadi, pastinya produk-produk makan ringan dan manis juga dibutuhkan di masa sekarang ini. Kamu bisa mencoba bisnis snack atau dessert box yang kekinian.

Bagaimana mewujudkan ide bisnis rumahan tanpa modal?

Modal-bisnis-rumahan

Jika kamu tidak memiliki modal tapi ingin memulai bisnis, cobalah untuk menjadi dropshipper. Sistemnya adalah dengan menjual produk orang lain tanpa harus memiliki stok barang.  Kamu hanya sebagai perantara saja. Setelah berhasil mendapatkan order, selanjutnya proses pengiriman akan dilakukan oleh suplier atau produsen.

Estimasi omset:

Sebagai pemula, jika kamu mampu menjual 1 produk perhari. Kemudian selisih harga antara suplier dan harga jual sebesar Rp. 50.000, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan perbulan:1 x 30 x 50.000 = Rp 1.500.000.

Beberapa ide bisnis rumahan ini bisa menjadi referensi untuk kamu mulai bergerak dan mencari penghasilan tambahan. Pengirimannya pun makin mudah dengan adanya layanan ojek online untuk mengantar makanan atau barang.

 

Baca juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan Untuk Kamu yang Bosan Kerja Kantoran

Close Menu