Investasi Emas Tawarkan Risiko Rendah dengan Nilai yang Cenderung Meningkat, Tertarik?

Investasi emas

Instrumen investasi semakin beragam di zaman modern dan digital saat ini. Mulai dari keuangan hingga komoditas. Untuk kategori komoditas, emas menjadi salah satu investasi favorit sejak zaman dulu karena harganya stabil dan cenderung mengalami peningkatan tiap tahunnya. Bentuknya ada yang berupa emas batangan maupun perhiasan, seperti cincin, gelang, kalung, dan sebagainya.

Harga emas naik secara konstan sebesar 6,38% per tahun dan apabila diakumulasikan telah naik sebesar 25.64% dalam 4 tahun terakhir. Nilai ini tergolong cukup tinggi dengan melihat risiko yang rendah, nilainya bahkan mendekati nilai deposito, yang memiliki risiko tergerus inflasi.

Jadi, Apa Saja Keuntungan Investasi Emas?

  • Tingkat likuiditas
    Merupakan keuntungan pertama yang cukup menggiurkan dalam investasi karena bentuk dan jenis investasi lain memiliki kecenderungan sulit dicairkan atau hanya dapat diklaim pada saat tertentu saja. Investasi emas yang memberikan keleluasaan bagi para pemiliknya untuk dapat mencairkan ke dalam bentuk uang tunai dengan cara yang mudah dan cepat.
  • Aset untuk melindungi kekayaan
    Dengan kecenderungan nilainya yang meningkat dari tahun ke tahun, emas cocok disebut sebagai investasi yang paling mampu melindungi nilai kekayaan seseorang. Perlindungan investasi emas terhadap kekayaan seseorang dicerminkan dari harganya yang selalu stabil dan cenderung mengalami kenaikan, sehingga ketika dijual kembali akan memberikan hasil balik yang lebih tinggi.
  • Risiko rendah dan tidak ada biaya tambahan
    Jika investasi lain seperti saham akan dikenai pajak untuk keuntungannya, lain halnya dengan investasi emas yang tidak dikenai pajak. Selain itu juga memiliki risiko rendah dan stabil, tidak seperti investasi-investasi lain yang nilainya cenderung fluktuatif. Fakta emas yang semakin langka juga bisa dimanfaatkan untuk menjadikan emas sebagai instrumen investasi karena harga yang didapatkan berpotensi semakin naik.
  • Bisa dimulai dengan modal kecil
    Untuk melakukan investasi emas, kamu tidak harus memiliki uang puluhan atau ratusan juta rupiah terlebih dahulu. Karena rata-rata harga emas yang dijual di Butik Emas atau di Antam hanya kisaran Rp 600 Ribuan per gram, bahkan kamu bisa melakukan cicilan emas di Pegadaian, ataupun bisa membeli secara online di platform-platform tabungan emas online.

Istilah-Istilah Penting Dalam Investasi Emas

Tips-investasi-emas

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas, kamu sebaiknya mengetahui istilah-istilah wajib seputar investasi emas.

Karat
Karat atau umumnya dikenal dengan singkatan kt atau ct merupakan tolok ukur yang digunakan untuk menentukan kemurnian emas. Skala tertinggi adalah 24 karat yang menunjukkan emas tersebut merupakan emas murni. Untuk mengetahui karat emas, bisa menggunakan rumus X = 24 (Mg/Mm). X merupakan peringkat karat, Mg merupakan massa emas murni dalam satu barang, dan Mm merupakan massa keseluruhan sesuatu barang.

Kadar kemurnian emas yang umum ditemui adalah:

Emas 24 karat: emas murni (99.99%)
Emas 22 karat: komposisi 91.7% emas, dicampur bahan lain 8.3% (biasanya perak)
Emas 20 karat: komposisi 83% emas
Emas 18 karat: komposisi 75% emas
Emas 16 karat: komposisi 66.6% emas
Emas 14 karat: komposisi 58.5% emas
Emas 9 karat: komposisi 37.5% emas

Fineness
Untuk mengukur tingkat kemurnian suatu emas, bisa juga dengan menggunakan fineness. Emas batangan dengan tingkat kemurnian 24 karat yang diproduksi Antam memiliki tingkat kemurnian mencapai 99,9 persen secara fineness.

Bullion
Bullion merupakan istilah umum yang digunakan untuk menyebut batangan emas, perak murni, atau koin yang kamu gunakan sebagai aset investasi.

Grade
Untuk menunjukkan tingkat kemurnian atau kualitas emas, digunakan istilah grade atau peringkat. Produk di tiap bursa emas memiliki grade dan harga yang berbeda, tergantung dari kualitas produk yang disediakan. Semakin baik grade suatu produk, harganya juga akan semakin mahal.

Troy Ounce
Troy ounce atau troy ons, disingkat t oz, memiliki nilai sama dengan 31,1 gram untuk tiap satuannya dan merupakan satuan yang umumnya digunakan untuk mengukur berat emas, baik batangan maupun koin.

Pool Account
Ketika di dalam transaksi jual-beli emas dan kamu memutuskan untuk menyimpan emas di dealer atau di toko, kamu dapat menggunakan pool account.

Dinar dan Dirham
Dinar merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut koin emas yang memiliki tingkat kemurnian 22 karat, dengan berat 4,25 gram. Sedangkan Dirham merupakan sebutan untuk koin perak murni yang memiliki berat 2,975 gram.

Commodity Exchange
Commodity exchange, disingkat COMEX, merupakan salah satu divisi bursa komoditas New York yang terkenal dalam bursa perdagangan untuk bidang metal, seperti emas, perak, tembaga, dan aluminium. Selain COMEX, terdapat juga bursa perdagangan komoditas lainnya, yakni Tokyo Commodity Exchange (TOCOM) dan London Metal Exchange (LME).

Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki investasi emas, adakah kekurangannya? Tentu saja ada. Investasi emas dalam bentuk batangan maupun perhiasan rentan memiliki risiko kehilangan. Pemegang investasi emas biasanya bersedia membayar lebih banyak dana untuk menyewa safe deposit box untuk menyimpan emas batangan yang dimiliki.

Meski kecenderungan harga emas selalu meningkat, namun peningkatan itu tidak lantas terjadi setiap hari. Emas pun terkadang mengalami penurunan harga jual meski tak jarang mengalami kenaikan. Perubahan harga emas yang sering ini berpotensi mempersulit investor emas untuk dapat menghitung nilai investasi emas yang kita miliki di masa mendatang.

Jelas investasi emas bukanlah alternatif yang cocok bagi investor yang menginginkan keuntungan dalam waktu cepat. Kecenderungan harga emas naik merupakan proses yang cukup lama, artinya untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual yang tinggi tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Bagaimana Cara Investasi Emas?

Cara-beli-emas

Berinvestasi emas akan terealisasi jika kamu membeli di tempat yang terpercaya. Pastikan cari tahu dulu di mana saja tempat membeli emas yang resmi. Ada beberapa tempat buat beli membeli emas yang selama ini sudah dijamin kepercayaannya. Tempat-tempat di bawah ini sudah banyak dijadikan tempat buat jual beli emas di Indonesia, antara lain:

PT. Pegadaian
Pegadaian memberikan fasilitas untuk bisa membeli emas secara tunai maupun kredit. Mau secara syariah atau konvensional juga bisa dipilih. Kantor cabangnya pun banyak, dan ada yang melayani 24 jam pula. Di Pegadaian, kamu bisa beli emas secara online melalui situs resminya. Emas yang dijual di Pegadaian semuanya berasal dari PT Aneka Tambang (Antam). Silakan cek situsnya untuk petunjuk dan cara pembeliannya.

Kantor Pusat Antam
Kalau ingin membeli emas dengan proses cepat, kamu bisa datang ke kantor pusat Antam di Jl Simatupang, Jakarta Selatan. Meskipun harganya agak lebih tinggi sedikit, tapi enaknya membeli emas di sini adalah tidak perlu antre seperti membeli di Unit Bisnis Antam di Pulogadung.

Unit Bisnis Antam
Selama ini banyak orang membeli emas di Unit Bisnis Antam di Pulogadung, Jakarta Timur. Di sana kita bisa beli emas batangan berbentuk olahannya langsung dengan harga relatif lebih rendah, karena dibuat langsung dari produsennya.

Butik Emas Antam Logam Mulia
Jadi selain di Jakarta, kamu juga bisa beli emas batangan di Butik Emas Antam Logam Mulia di Bandung, Medan, Banjarmasin, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Palembang, Semarang, dan Balikpapan. Butik-butik tersebut merupakan cabang dari butik Antam yang berlokasi di TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Bank Syariah
Tempat lain yang bisa dipakai buat beli emas adalah di beberapa bank syariah seperti BNI Syariah, BRI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri. Di Mandiri Syariah misalnya, kamu bisa beli emas secara kredit. Syaratnya pun mudah. Cukup dengan fotokopi KTP dan NPWP.

PT Pos Indonesia
Tempat terbaru untuk membeli investasi emas adalah di kantor Pos Indonesia. Sedikitnya terdapat 205 kantor Pos di seluruh Indonesia telah bekerja sama dengan Antam. Kamu bisa membeli emas mulai dari 0,5 gram hingga 50 gram.

Toko emas online
Kini telah banyak platform untuk investasi emas secara online yang bisa dimulai dengan modal kecil. Tentunya kamu harus memastikan toko emas online ini terpercaya dan terjamin kualitas emasnya.

Tertarik untuk mulai investasi emas?

Baca juga: Investasi Tas Branded, Gimana Biar Bisa Cuan?

Close Menu