Seberapa Darurat Dana Darurat? Berapa Jumlah yang Dibutuhkan?

Dana Darurat

Cara setiap orang menjalani kehidupan tentunya berbeda-beda, yang pasti ada kalanya seseorang mengalami hal-hal di luar prediksi yang bisa mempengaruhi keadaan ekonomi. Inilah yang membuat setiap orang perlu memiliki dana darurat atau dana cadangan dan wajib mendapatkan alokasi dalam mengatur keuangan bulanan.

Apa sih dana darurat?

Dana darurat adalah uang yang dapat digunakan dalam berbagai kondisi tak terduga. Artinya, dana ini hanya akan digunakan saat menghadapi hal-hal urgent yang tidak bisa diatasi dengan keuangan secara normal atau yang telah memiliki anggaran tetap. Pengadaan dana cadangan penting dalam keuangan untuk mengatasi berbagai kondisi, seperti tiba-tiba atap rumah bocor, kehilangan gadget, atau terjadi PHK sepihak.

Untuk menyimpan dana ini tidak harus dalam bentuk tunai, bisa dalam bentuk instrumen keuangan yang memiliki likuiditas tinggi atau mudah dicairkan saat dibutuhkan. Akan sangat tepat jika memisahkan dana ini dalam rekening khusus agar tidak tercampur dengan dana lainnya di dalam keuangan.

Berapa jumlah dana darurat ideal yang sebaiknya dimiliki?

Idealnya dana darurat yang dimiliki untuk:
Single dengan tidak memiliki tanggungan: 6x pengeluaran bulanan
Menikah tanpa anak: 9x pengeluaran bulanan
Menikah memiliki anak: 12x pengeluaran bulanan

Kenapa setelah menikah dan punya anak dana darurat menjadi harus 12x pengeluaran? Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan sumber penghasilan, maka biaya kebutuhan harian keluarga dan uang sekolah anak tetap bisa dipenuhi. Jumlah dana cadangan akan bertambah besar seiring dengan bertambahnya jumlah tanggungan yang dimiliki.

Bagaimana cara mempersiapkan dana darurat agar hidup lebih tenang?

Mengumpulkan-dana-darurat

  • Cicil hingga berhasil

Eits ini bukan cicilan kartu kredit ya. Jika kamu bertekad untuk memiliki uang cadangan yang jumlahnya mendekati ideal, maka saat membuat budgeting untuk kebutuhan, tambahkan alokasi 10-15% untuk mengumpulkannya.

  • Potong pengeluaran kurang penting

Kalau kamu biasanya memiliki budget bulanan untuk pergi ke salon Rp. 300 ribu, cobalah untuk memotong setengahnya dan masukkan ke tabungan. Atau kurangi jatah ngopi setiap hari di coffee shop, gantilah dengan membuat kopi sendiri di rumah atau pantry kantor.

  • Jual barang preloved

Daripada rumah penuh dengan barang tidak terpakai, kenapa tidak mencoba untuk menjualnya untuk mendapat uang tambahan? Kamu bisa memanfaatkan Instagram atau aplikasi jual barang bekas. Hasilnya bisa untuk mengumpulkan dana cadangan sedikit demi sedikit.

  • Simpan rejeki nomplok

Baru dapat uang bonus atau THR sering bikin bimbang mau dihabiskan untuk jalan-jalan atau beli barang? Kalo kamu masih jadi pejuang dana cadangan, tidak perlu pikir dua kali, langsung saja masukkan ke dalam tabungan. Semakin cepat terkumpul dana darurat ideal, semakin damai hidup kamu!

Jika melihat fungsinya, maka pengadaan dana darurat di dalam keuangan adalah hal yang penting dan wajib dimiliki. Jangan ada kata menunda karena keadaan darurat bisa terjadi setiap saat. Kelola keuangan dengan lebih bijak dan siapkan sekarang juga!

Baca juga: Maksimalkan Gaya Hidup dan Perbaiki Cash Flow dengan Aplikasi Pencatat Keuangan

Close Menu