Cerdas Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi Untuk Si ‘Single’

Membuat Perencanaan Keuangan Keluarga

Perencanaan keuangan pribadi menjadi hal cukup penting untuk dilakukan agar kebebasan finansial bisa tercapai, terutama untuk yang belum menikah. Kesuksesan finansial sangat dipengaruhi oleh perencanaan keuangan yang cermat dan tepat untuk menghindari kesulitan finansial di kemudian hari.

Dalam penyusunan perencanaan keuangan pribadi, banyak hal yang harus diperhatikan, diantaranya :

  • Berapa anggaran yang akan dikeluarkan
  • Skala prioritas
  • Penjelasan setiap kebutuhan
  • Tujuan dari setiap pengeluaran

Saat melakukan perencanaan keuangan pribadi juga harus diukur bagaimana cara mewujudkannya, seperti ketepatan waktu, alokasi dana, serta evaluasi pemasukan dan pengeluaran. Perhatikan juga hambatan dan risiko yang mungkin terjadi pada sumber pemasukan. Hal penting dalam perencanaan keuangan pribadi adalah target asset yang kamu harapkan di masa depan.

Baca juga: Tips Beli Rumah dengan KPR untuk Milenial

Bagaimana Cara Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi?

Perencanaan-keuangan-pribadi

Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara membuat perencanaan keuangan pribadi? Apakah dapat dilakukan oleh diri sendiri? Tentu bisa. Kali ini pembahasannya akan fokus untuk perencanaan keuangan pribadi seorang yang belum menikah. Perencanaan keuangan pribadi dapat dilakukan oleh masing-masing individu dengan memperhatikan beberapa aspek, seperti jumlah pendapatan, pengeluarah, hutang, dan lainnya.

Contoh perencanaan keuangan pribadi idealnya dengan membagi tujuan-tujuan keuangan dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Untuk jangka pendek adalah tujuan-tujuan keuangan di bawah 1 tahun, rencana jangka menengah sekitar 1-5 tahun dan jangka panjang adalah 5 tahun ke atas.

Ada baiknya mulai melakukan perencanaan keuangan untuk jangka pendek agar lebih terstruktur, mulai dari pengaturan cash flow atau arus kas, mengatur uang yang masuk dan keluar, mengatur hutang jika ada, mengatur dana darurat, asuransi, baru kemudian masuk ke rencana jangka menengah dan panjang.

Jadi dapat dipastikan berikut adalah beberapa kebutuhan wajib yang harus kamu masukkan saat membuat perencanaan keuangan pribadi untuk yang belum menikah alias single:

  • Asuransi
    Asuransi kadang dinilai hal yang tidak dibutuhkan akrena saat ini masih merasa sehta, padahal asuransi ini sebagai bentuk pencegahan untuk hal-hal tidak diinginkan yang bisa saja terjadi tiba-tiba.
  • Dana Darurat
    Pada dasarnya dana darurat adalah uang yang disisihkan untuk menutupi pengeluaran besar tidak terduga, seperti biaya kesehatan, perbaikan kerusakan rumah atau kendaraan, atau keperluan lainnya yang insidental.
  • Investasi
    Besaran pos ini bisa disesuaikan dengan jumlah pendapatan dan juga kebutuhan pokok lainnya. Setidaknya pos ini diisi dengan dana minimal 10% dari pendapatan setiap bulannya.

Apakah ketiga hal tersebut sudah kamu miliki? Yuk persiapkan perencanaan keuangan pribadi kamu dari sekarang!

Close Menu