Tips Jitu Memilih Asuransi yang Tepat Untuk Milenial

Asuransi

Asuransi sebenarnya memiliki tugas utama untuk memberikan perlindungan finansial kepada nasabahnya atas risiko-risiko yang tidak terduga. Memilih produk asuransi memang tidak bisa sembarangan, perlu disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan finansial seseorang. Terlebih bagi milenial yang sering menganggap asuransi merepotkan dan tidak penting.

Apa Saja Jenis Asuransi yang Sebaiknya Dimiliki?

  • Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi satu ini yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan menangani masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit serta menanggung biaya proses perawatan. Umumnya, penyebab sakit tertanggung yang biayanya dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah cedera, cacat, sakit, hingga kematian karena kecelakaan.

Pemerintah juga telah mewajibkan setiap orang memiliki asuransi kesehatan berupa BPJS. Selain itu, tersedia asuransi kesehatan swasta seperti Prudential, Allianz, AIA,  Cigna, Manulife, dan lainnya yang menjadi sebagian dari jajaran nama besar yang menyediakan berbagai macam produk asuransi sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan sudah tersebar luas di seluruh dunia.

  • Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa bisa dibilang bentuk perlindungan finansial berupa uang pertanggungan yang didapatkan ahli waris seandainya pemegang polis meninggal dunia. Jenis asuransi ini terbagi menjadi dua, asuransi term life mematok premi yang terjangkau dalam waktu 5 – 20 tahun. Sementara asuransi whole life mematok premi yang mahal dengan jangka waktu seumur hidup.

Asuransi jiwa dapat dibeli untuk kepentingan diri sendiri dan atas nama tertanggung saja atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga. Bahkan asuransi jiwa juga dikenal bisa dibeli pada kehidupan orang lain. Sebagai ilustrasinya, misalkan seorang suami bisa membeli asuransi jiwa yang akan memberikan manfaat kepadanya setelah kematian sang istri. Orang tua juga dapat mengasuransikan diri terhadap kematian sang anak.

  • Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan berperan dalam mengganti kerugian yang timbul selama pemakaian kendaraan. Bisa untuk mobil ataupun sepeda motor, namun umumnya cenderung dipakai oleh para pemilik mobil. Asuransi kendaraan ditawarkan dalam dua pilihan, asuransi comprehensive atau all risk dan asuransi total loss only (TLO).

Asuransi comprehensive ditujukan untuk mengganti kerugian sebagian atau keseluruhan yang terjadi pada kendaraan. Mulai dari kerusakan ringan, kerusakan berat, hingga kehilangan. Sedangkan asuransi total loss only (TLO) hanya mengganti kerugian jika terjadi kerusakan yang mencapai 75% atau lebih.

  • Asuransi Perjalanan

Untuk kamu yang sering bepergian, asuransi perjalanan sebaiknya dimiliki, terlebih asuransi ini diwajibkan untuk yang bepergian ke negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Sebenarnya banyak manfaat yang didapatkan dari jenis asuransi ini, mulai dari ganti rugi kecelakaan dan biaya berobat, penggantian barang-barang yang hilang, hingga penggantian karena delay penerbangan.

  • Asuransi Property

Umumnya ada dua jenis asuransi properti yang ditawarkan. Pertama, asuransi rumah yang polisnya merujuk pada Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI). Dalam polis tersebut, jenis asuransi ini bakal melindungi dari risiko-risiko, seperti kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, hingga asap.

Kedua, asuransi bisnis yang perlindungannya mencakup perlindungan properti, seperti gudang, pabrik, toko, mal, dan kantor. Perlindungan yang diberi jenis asuransi ini juga gak jauh-jauh beda dengan asuransi rumah, yaitu perlindungan dari huru-hara, banjir, hingga gempa bumi.

Tips Memilih Asuransi yang Tepat Untuk Milenial

Tips-Memilih-Asuransi

  • Besaran Premi
    Premi asuransi adalah total pembayaran yang dikenakan industri asuransi kepada pemilik poli yang biasanya dibayar per tahun maupun per bulan. Jika kamu akan memilih produk asuransi, usahakan disesuaikan dengan kemampuan finansial. Perhatikan juga desain dalam produk asuransi tersebut dan kemudahan aksesnya melalui digital atau online.
  • Sesuaikan dengan Kebutuhan
    Sesuaikan juga pemilihan asuransi dengan kebutuhan kamu. Jika ingin proteksi kesehatan, pergunakanlah asuransi kesehatan. Begitu pun asuransi jiwa dan asuransi lainnya. Jika menginginkan asuransi lebih dari 1 proteksi, pilihlah asuransi yang menyediakan berbagai proteksi dalam satu bentuk atau program bundling.

Setelah mengetahui apa saja jenis dan tips memilih asuransi. Jadi, asuransi apa yang akan kamu pilih?

Baca juga: Bagaimana Cara Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak?

Close Menu