Siapa yang Lebih Jago Dalam Mengatur Keuangan? Pria atau Wanita?

Mengatur Keuangan

Banyak yang berpendapat wanita lebih jago mengatur keuangan karena pria cenderung lebih boros. Namun banyak juga yang berpendapat wanita lebih boros karena sering tergoda untuk belanja. Sebenarnya, kemampuan dalam mengatur dan merencanakan keuangan tidak ditentukan hanya dari jenis kelamin. Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang dalam mengatur keuangan, mulai dari pengalaman, penghasilan, pendidikan, lingkungan, dan lainnya. Setiap orang umumnya memiliki sikap berbeda dalam hal mengatur keuangan. Jadi daripada menggeneralisasi tentang pro dan kontra keuangan berdasarkan gender, yuk kita dengarkan apa yang mereka pikirkan secara langsung.

Mengapa wanita lebih baik daripada pria dalam mengatur keuangan?

merencanakan keuangan

Wanita lebih berhati-hati dengan uang mereka

Wanita cenderung mengambil risiko yang lebih sedikit, sehingga tidak akan melakukan kesalahan sebanyak yang dilakukan pria dan tidak akan kehilangan uang sebanyak pria. Wanita lebih kecil kemungkinannya mengambil hutang dalam jumlah besar. Menurut survey BMO, pria lebih cenderung untuk berhutang. Sekitar 33% responden laki-laki memiliki hutang, sedangkan wanita hanya 22% dari total responden.

Pria terlalu optimis

Optimisme bisa sangat baik jika didasarkan pada fakta, tetapi jika hanya angan-angan tentunya akan berakibat buruk. Sikap positif adalah kunci keberhasilan investasi, tetapi harus didasarkan pada perkiraan yang tepat. Pria cenderung terlalu optimis dengan keputusannya dalam mengatur keuangan ataupun investasi dan tidak mempertimbangkan risiko dengan benar.

Wanita suka bertanya

Wanita tidak takut untuk meminta bantuan dan cenderung bertanya saat tidak tau tentang sesuatu. Menurut sebuah survei, wanita lebih suka untuk mencari informasi dan saran dari perencana keuangan profesional dibandingkan pria. Hal ini tentunya membuat pengetahuan dalam mengatur keuangan lebih banyak dan terbuka.

Baca juga: Strategi Siapkan Pensiun Dini Untuk Pegawai Swasta

Mengapa pria lebih baik daripada wanita dalam mengatur keuangan?

Mengelola Keuangan

Efektivitas biaya dan kepraktisan

Pria memang cenderung memiliki intensitas belanja lebih rendah dibandingkan wanita. Pria lebih praktis dan simple saat berbelanja karena tidak terlalu peduli dengan gaya hidup orang lain dan juga tidak terlalu mementingkan penampilan. Membeli hanya barang-barang yang dibutuhkan tetapi mereka akan rela membeli barang tidak peduli berapapun harganya jika mereka sudah menyukai barang tersebut.

Pria berburu untuk penawaran terbaik

Pria memiliki sifat yang lebih agresif pada saat berinvestasi, hal ini dipengaruhi oleh ego, kebangaan serta kepercayaan diri yang berlebihan. Walaupun begitu, pria memiliki keuntungan karena mereka lebih tenang dan sabar ketika berinvestasi sedangkan wanita akan cenderung panik apalagi jika mengalami kerugian dan tidak langsung begitu saja menyerah.

Merencanakan keuangan jangka panjang

Pria lebih cenderung memiliki uang yang lebih banyak di dalam rekening pensiun mereka dibandingkan wanita. Hal ini dirangkum dari data tahun 2014 oleh perusahaan investasi Vanguard. Menurut mereka, wanita memang menabung dengan frekuensi yang lebih sering dibandingkan dengan pria di seluruh tingkat penghasilan. Tetapi karena rata-rata gaji wanita lebih rendah dibandingkan pria, pada akhirnya tabungan dana pensiun wanita lebih rendah dibandingkan pria. Hal ini menunjukkan bahwa wanita memiliki potensi yang lebih besar untuk menabung sedangkan pria memiliki kemampuan untuk menabung dengan jumlah yang lebih banyak.

Dapat disimpulkan bahwa, baik pria maupun wanita memiliki kesempatan yang sama jagonya dalam mengatur keuangan. Faktor kebiasaan dan gaya hidup sebenarnya menjadi salah satu penentu yang paling berpengaruh dalam cara seseorang mengatur dan merencanakan keuangan. Untuk kamu yang ingin mulai mengatur keuangan, yuk mulai dengan download aplikasi FINOO di sini!

Baca juga: Investasi Jangka Pendek VS Investasi Jangka Panjang, Mana yang Lebih Cuan?

Close Menu