Bikin Perencanaan Keuangan dengan 5 Langkah Pintar Ini!

Perencanaan Keuangan

Sering mengeluh karena uangnya habis tanpa tau kemana? Atau sedang galau apa yang akan terjadi dengan hidup dalam waktu 5 dan 10 tahun ke depan? Berarti sekarang adalah waktu yang tepat untuk kamu membuat perencanaan keuangan! Perencanaan keuangan merupakan proses manajemen keuangan untuk mencapai tujuan-tujuan hidup seseorang ataupun keluarga.

Memiliki rencana keuangan membuat tujuan hidup lebih terarah sehingga kamu memiliki kendali penuh terhadap keuangan saat ini. Untuk membuat perencanaan keuangan, berikut adalah langkah-langkah dan tahapan perencaan keuangan

Baca juga: Cerdas Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi Untuk Si ‘Single’

5 langkah pintar dalam perencanaan keuangan:

Rencana keuangan

1. Tetapkan tujuan keuangan masa depan

Dalam proses perencanaan keuangan dibutuhkan tujuan yang spesifik. Contohnya: Dalam 2 tahun mendatang akan membeli mobil, 5 tahun lagi menyiapkan dana pensiun, 10 tahun lagi sudah melunasi cicilan rumah. Tidak ada salahnya juga, jika tujuan kamu belum 100% pasti dan jelas, setidaknya kamu telah memiliki gambaran hal-hal apa yang akan dilakukan. Tentunya semua rencana ini bisa diwujudkan dengan mengatur dan merencanakan keuangan dengan baik.

2. Ketahui kekayaan yang dimiliki

Kumpulkan semua informasi sebanyak mungkin, termasuk asset dan hutang yang dimiliki. Kemudian hitung kekayaan bersih yang merupakan selisih antara total aset dan utang. Beberapa contoh asset, mulai dari rumah, mobil, tabungan, hingga investasi. Kalkulasikan juga hutang yang dimiliki, seperti: kredit mobil, rumah, tagihan kartu kredit, dan lainnya. Mengetahui kekayaan yang dimiliki tentunya akan membantu kamu dalam perencaan keuangan.

3. Buat portofolio investasi

Bukan lagi menabung, kini saatnya untuk kamu membuat portofolio investasi. Nilai investasi tentunya jauh lebih tinggi dibandingkan Bungan tabungan. Ada banyak jenis investasi yang ada di pasaran, mulai dari yang umum, seperti emas, properti, saham, hingga investasi baru, seperti reksa dana, P2P Lending, dan lainnya. Lakukan diversifikasi investasi dengan memilih beberapa jenis investasi berbeda untuk mengurangi risiko kegagalan investasi.

4. Lunasi Hutang Konsumtif

Hutang sendiri terbagi dari atas hutang produktif dan konsumtif. Hutam konsumtif dengan bunga tinggi adalah yang paling bahaya. Contohnya adalah cicilan kartu kredit atau hutang barang-barang yang habis konsumsi. Hutang ini dapat menelan seluruh pendapatan dan tabungan jika terus dibiarkan. Mulailah untuk melunasi semua hutang konsumtif kamu dari sekarang!

5. Monitoring Mimpi

Jika benar-benar ingin mencapai semua tujuan dan mimpi kamu, setelah melakukan perencaan mimpi sebaiknya juga melakukan monitoring mimpi. Meninjau rencana keuangan setiap bulan tentunya membuat kamu mengetahui sampai dimana proses mewujudkan mimpi. Selalu tanyakan pada diri sendiri, apakah hutang yang ada telah lunas? Apakah investasi berjalan dengan baik? Berapa lama lagi tujuan saya tercapai?

Jika kamu ingin mewujudkan mimpi dengan lebih mudah dan memiliki virtual assistant yang membantu dalam monitoring mimpi, aplikasi FINOO adalah solusinya. FINOO sebagai aplikasi perencanaan mimpi memiliki fitur Dream Saver yang akan membantu kamu wujudkan impian jadi kenyataan!

Close Menu