6 Situs Belajar Online Untuk Upgrade Skill Selama #dirumahaja

Situs BelajarOnline

Bosan dengan bolak-balik buka sosial media? Kini saatnya kamu memanfaatkan moment #dirumahaja untuk upgrade skill dan ilmu melalui situs belajar online. Jadi, himbauan untuk tidak keluar rumah, bukan alasan kamu untuk tidak bisa belajar. Di zaman serba cepat dan instan ini, informasi dapat dengan mudah untuk diakses darimana pun berada. Berbagai skill dan ilmu dan ilmu baru bisa kamu pelajari, mulai dari bidang IT, desain grafis, digital marketing, dan lainnya.

Coba yuk upgrade skill kamu di 6 situs belajar online gratis ini:

1. Udemy

Udemy

Di situs Udemy, kamu bisa belajar banyak topik secara lebih mendalam, sesuai dengan minat. Telah disediakan kelas-kelas khusus yang sesuai minat dan tingkat kemamapuan. Di sini juga kamu bisa menyalurkan kemampuanmu dengan mengunggah video tutorial atau yang biasa disebut kursus. Kemudian, untuk yang mengakes tutorial ini dinamakan ‘Students’, sedangkan para pengunggah kursus disebut ‘Instructor’.

Para Instructor bisa mempublikasikan kemampuannya melalui bentuk video, slide document, audio, course text, text document dan mashup. Untuk para Students, banyak sekali kursus yang bisa dicoba, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

2. Duolingo

Duolingo

Duolingo adalah salah satu aplikasi terbaik untuk kamu belajar Bahasa dengan mudah secara online. Kamu tidak akan merasa sedang belajar karena belajar sistem belajar di Duolingo sangat seru, dimana akan ada materi dan kuis. Jika bisa menjawab kuis dengan benar, maka kamu akan mendapat poin dan naik level, seperti layaknya sedang bermain game. Pilihan bahasa yang ditawarkan sangat banyak, seperti Spanyol, Korea, Prancis, Inggris, dan lainnya.

Baca juga: Layanan-Layanan Gratis Selama Masa Corona

3. Khan Academy

Khan Academy

Khan Academy menawarkan kelas-kelas online gratis, video, dan program interaktif dengan beragam topik, seperti matematika, arts & humanities, ekonomi, dan lainnya. Situs ini mudah digunakan dan cukup fleksibel bagi pengguna dengan tingkat penyerapan pelajaran berbeda-beda. Salah satu keunggulan Khan Academy adalah adanya SAT (Scholastic Assessment Test), tes yang harus diikuti jika kamu ingin masuk universitas di Amerika.

4. Coursera

Coursera Situs Belajar Online

Coursera bekerja sama dengan organisasi di seluruh dunia untuk menghadirkan ratusan program belajar dengan beragam topik. Partner Coursera tidak terbatas hanya badan pendidikan formal, tapi juga museum dan berbagai keanggotaan. Jika kamu tertarik untuk mendalami berbagai topik, bisa coba situs gratis ini.

5. edX

edex Situs Belajar Online

edX merupakan hasil kerjasama dari Universitas Harvard dan MIT di tahun 2012 dan dikelola dengan prinsip non-profit dan open source. Jadi, siapapun dapat membuat dan mengadopsi situs belajar online-nya sendiri. Terdapat sekitar 1000-an materi pelajaran yang dapat kamu akses secara gratis di edX, mulai dari TOEFL Preparation, seni & budaya, hingga arsitektur. Sejak akhir tahun 2015, edX menyediakan Verified Certificate setelah kamu berhasil menyelesaikan materi dan membayar biaya yang ditentukan.

6. Alison

Alison Situs Belajar Online

Termasuk pelopor dari situs belajar online gratis di dunia, Alison dibuat pada tahun 2007 oleh Mike Feerick dan kini sudah mempunyai lebih dari 7 juta pengguna dan pengajar dari beragam institusi seperi Microsoft, Google dan berbagai universitas lainnya. Melalui Alison, kamu bisa mengakses lebih dari 750 materi pelajaran dalam bahasa Inggris. Ada dua tipe materi di Alison, yaitu Diploma Courses dan Certificate. Bonusnya, kamu bisa memperoleh sertifikasi setelah menyelesaikan satu program.

Yuk mulai upgrade skill dan ilmu kamu melalui situs belajar online!

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan Saat Corona Untuk Penghasilan Tambahan

Close Menu