Anti Panik! Ini 4 Tips Keuangan Saat Hadapi Wabah COVID-19

Tips keuangan saat corona

Virus Corona yang telah menjadi pandemik dunia, tidak hanya terbukti merusak kesehatan manusia. Banyak hal lain yang mendapatkan imbas dari virus ini, salah satunya adalah ekonomi dan keuangan. Terjadi impulsive buying, harga bahan makanan dan kesehatan naik, banyak event besar ditunda bahkan dibatalkan, tempat wisata sepi, dan banyak pengeluaran tambahan. Tentunya, kamu harus mengambil langkap tepat dan cepat untuk tetap memiliki keuangan yang stabil di tengah pandemik ini. Bagaimana caranya? Ini tips keuangan saar corona dari FINOO!

Berikut adalah 4 tips keuangan saat hadapi wabah COVID-19:

1. Hitung Ulang Budget bulanan

Hitung ulang budget bulanan

Adanya kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok pastinya berpengaruh dengan budget bulanan yang telah dibuat sebelumnya. Untuk itu,  tips keuangan yang pertama adalah coba untuk mereview ulang budgeting bulanan yang telah dibuat, kalau masih berjalan baik kamu bisa melanjutkan budget tersebut. Namun apabila beberapa pos keuangan membengkak karena ada beberapa pengeluaran tambahan, kamu perlu mengatur ulang budget yang telah dibuat.

2. Prioritaskan Pos Kesehatan

prioritaskan pos kesehatan

Saat masa corona ini, pos keuangan penting lainnya setelah pos kebutuhan pokok adalah pos kesehatan. Anggarannya bisa kamu naikkan sekitar 10-15% dari biasanya, dengan mengurangi atau memangkas pos-pos keuangan lain yang kurang penting, misal pos untuk belanja baju atau nongkrong di kafe. Utamakan untuk membeli makanan bergizi, vitamin, dan kebutuhan kesehatan lainnya.

3. Cek Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Tips menjaga keuangan tetap stabil lainnya saat masa pandemik adalah dengan memiliki asuransi kesehatan. Minimal yang harus dimiliki adalah BPJS Kesehatan. Jika kamu memiliki asuransi kesehatan, coba cek dan tanyakan apakah mengcover atau tidak. Sebagai informasi, saat ini pasien corona di Indonesia ditanggung oleh pemerintah.

4. Cek Dana Darurat

Dana darurat wajib dimiliki oleh setiap orang. Fungsinya adalah untuk mengcover pengeluaran-pengeluaran mendadak. Berapa jumlah ideal yang harus dimiliki?

  • Single dengan tidak memiliki tanggungan: 6x pengeluaran bulanan
  • Menikah tanpa anak: 9x pengeluaran bulanan
  • Menikah memiliki anak: 12x pengeluaran bulanan

Tips keuangan tersebut dapat membantu kamu untuk survive di tengah pandemik ini. Stay Safe and Hygiene Everyone!

Baca juga: Seberapa Darurat Dana Darurat? Berapa Jumlah Yang Dibutuhkan?

Close Menu