Tips TV Kena Petir

Tips TV Kena Petir: Ciri-Ciri dan Biaya Servicenya Lengkap

Posted on

Finoo.id – Tips TV Kena Petir: Ciri-Ciri dan Biaya Servicenya Lengkap. Selama musim hujan, risiko TV terkena petir menjadi lebih besar, dan tentu saja, kita bisa menebak bahwa kerusakan yang diakibatkannya mungkin akan cukup serius. Pertanyaan pertama yang mungkin muncul adalah, apakah TV tersebut masih dapat diperbaiki atau tidak?

Bagi mereka yang kurang paham tentang hal ini, pertanyaan mungkin akan bermunculan, seperti apa yang rusak jika TV kena petir, apakah mungkin untuk memperbaikinya, berapa biaya perbaikannya, dan sebagainya.

TV Kena Petir

Pertama-tama, harus dipahami bahwa petir merupakan fenomena alam yang melibatkan arus listrik statis dengan voltase yang sangat tinggi, bisa mencapai jutaan volt, serta arus hingga 20.000 Ampere. Ini sungguh mengejutkan jika dibandingkan dengan alat las listrik yang hanya menggunakan arus 200-450 Ampere.

Ketika petir menyambar TV, energi besar ini bisa merusak komponen elektronik di dalamnya. Kerusakan yang terjadi bisa sangat serius dan biasanya membutuhkan perbaikan atau penggantian seluruhnya.

Ada dua cara petir bisa mengenai TV. Cara pertama adalah melalui kabel antena. Jika tuner TV rusak, ini biasanya menkaliankan bahwa petir masuk melalui jalur ini. Cara kedua adalah melalui jaringan listrik PLN. Kerusakan pada bagian power supply TV biasanya mengindikasikan bahwa petir masuk lewat jalur ini.

Namun, dalam kondisi tertentu, meski jarang terjadi, petir juga bisa langsung mengenai TV, misalnya jika TV berada dekat jendela yang terbuka saat petir menyambar.

Oleh karenanya, sangatlah penting untuk melindungi perangkat elektronik kita dari petir. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat pelindung surge, yang bisa mengalirkan listrik berlebih ke tanah untuk melindungi perangkat, atau dengan mencabut perangkat dari sumber listrik saat cuaca buruk atau terjadi petir.

Baca Juga :   Cara Menghidupkan TV Sharp Tanpa Remote Tebaru

Ciri-Ciri TV Kena Petir

Tentu, berikut adalah penulisan ulang dari teks yang kalian berikan dalam Bahasa Indonesia:

Sebelum kita membahas tentang Tips TV Kena Petir, penting untuk mengenali beberapa tkalian bahwa TV kalian mungkin sudah tersambar petir:

1. TV Tidak Bisa Dinyalakan

Jika TV kalian mendadak tidak dapat dinyalakan padahal sebelumnya berfungsi dengan baik, ini mungkin menjadi indikasi bahwa TV telah tersambar petir, terutama jika hal ini terjadi setelah cuaca buruk atau petir.

2. Bagian TV Mengalami Kerusakan

Kerusakan mendadak pada bagian tertentu dari TV, seperti tuner atau power supply, mungkin menunjukkan bahwa bagian tersebut telah terkena petir. Tuner yang rusak bisa berarti petir masuk melalui kabel antena, sedangkan kerusakan pada power supply mungkin menkaliankan masuknya petir melalui jaringan listrik PLN.

3. Komponen TV Terlihat Terbakar

Bila kalian mengamati jalur PCB atau komponen lain yang tampak terbakar saat membuka TV, ini juga bisa menjadi tkalian bahwa TV kalian telah tersambar petir. Kerusakan biasa ditemukan pada jalur grounding.

4. Komponen Fisik Mengalami Kerusakan

Beberapa komponen fisik mungkin rusak atau pecah jika TV kena petir. Ini bisa termasuk elco capacitor yang meledak, IC atau transistor yang pecah, atau IC Memory EEPROM yang mengalami kerusakan data yang korup. IC seperti EEPROM sangat sensitif terhadap perubahan voltase, sehingga kerusakan pada komponen ini sering terjadi saat tersambar petir.

Kasus TV yang tersambar petir paling sering terjadi melalui jalur listrik PLN, tetapi dalam situasi tertentu, petir juga bisa masuk melalui antena jika antena cukup tinggi atau berada dekat pohon yang terkena petir.

Apakah TV yang kena petir bisa diperbaiki atau tidak tergantung pada tingkat kerusakannya dan sejauh mana petir telah masuk ke dalam TV. Dalam kasus ringan, mungkin hanya diperlukan penggantian fuse atau dioda yang short. Namun, untuk kasus yang lebih serius, diperlukan penggantian komponen atau bahkan seluruh unit TV.

Oleh karena itu, sebaiknya bawa TV kalian ke teknisi TV yang profesional jika terkena petir, untuk pemeriksaan dan perbaikan yang tepat.

Baca Juga :   Cara Melumpuhkan Protek TV Polytron Paling Mudah & Simpel

Biaya Service TV Kena Petir

Tentu, berikut adalah penulisan ulang dari teks tersebut dalam Bahasa Indonesia:

Menonton TV saat hujan memang seringkali menjadi kegiatan yang menyenangkan, tetapi tentu ada risikonya, misalnya tersambar petir.

Jika kerusakan yang terjadi bersifat ringan, perbaikannya mungkin bisa dilakukan dengan mudah dan biaya yang tidak terlalu mahal. Namun, jika kerusakan cukup serius hingga TV tidak dapat dinyalakan lagi, kalian mungkin harus mengeluarkan biaya perbaikan yang tinggi, yang mungkin hampir sebanding dengan harga TV baru.

Berikut perkiraan biaya untuk memperbaiki TV yang terkena petir:

NOMORJASAHARGA
1Pengecekan*Rp 75.000,-
Jasa Service TV LCD & LED
131 inch kebawahRp 200.000,-
232 inch – 41 inchRp 250.000,-
342 inch keatasRp 350.000,-
Jasa Service TV Tabung
131 inch kebawahRp 150.000,-
232 inch ke atasRp 200.000,-

Biaya pemeriksaan awal hanya akan dikenakan jika kalian memilih untuk tidak melanjutkan dengan layanan perbaikan kami. Jika kalian memutuskan untuk menggunakan layanan kami, biaya pemeriksaan akan dikurangi.

Harap diingat bahwa biaya ini hanya mencakup jasa perbaikan dan tidak termasuk harga suku cadang yang mungkin diperlukan.

Daftar harga di atas hanya perkiraan umum, karena biaya sebenarnya sangat tergantung pada bagian apa yang rusak akibat sambaran petir dan apakah diperlukan penggantian dengan bagian yang baru.

Komponen TV memiliki fungsi dan harga yang beragam. Jika kalian menduga TV kalian rusak karena petir, disarankan untuk segera mendatangi tempat servis TV dan berkonsultasi dengan teknisi yang berpengalaman.

Tips TV Kena Petir

Tentu, berikut adalah penulisan ulang dari teks tersebut dalam Bahasa Indonesia:

Untuk melindungi televisi kalian dari sambaran petir, inilah beberapa langkah atau Tips TV Kena Petir yang dapat kalian lakukan:

1. Memasang Penangkal Petir

Penangkal petir adalah alat yang dibuat khusus untuk melindungi bangunan dan peralatan elektronik di dalamnya dari kerusakan akibat petir. Alat ini berfungsi dengan menyediakan jalur bagi petir untuk mengalir ke tanah, sehingga menjauhkan petir dari perangkat kalian. Pastikan penangkal petir dipasang dengan benar dan terhubung ke sistem grounding yang efektif.

Baca Juga :   Cara Setting Android TV Box Mudah & Praktis

2. Menggunakan Surge Protector

Surge protector, atau pelindung lonjakan listrik, adalah alat yang dapat melindungi perangkat elektronik dari lonjakan tegangan yang mungkin terjadi saat petir. Jika ada lonjakan listrik akibat petir, surge protector akan membatasi tegangan tersebut dan mencegah kerusakan pada televisi kalian.

3. Mencabut Kabel Antena dan Listrik

Saat cuaca buruk dan petir berpotensi terjadi, disarankan untuk mencabut kabel antena dan listrik dari televisi kalian. Petir bisa merambat melalui kabel-kabel ini dan menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, jika memungkinkan, lepaskan semua koneksi ini selama badai petir.

4. Memasang Antena dengan Tepat

Jika kalian menggunakan antena luar ruangan, perhatikan penempatan dan pemasangannya. Letakkan antena sedekat mungkin dengan tanah dan hindari pohon tinggi atau struktur lain yang mungkin menarik petir.

Perlu diingat, meskipun langkah-langkah ini bisa sangat membantu dalam mencegah kerusakan akibat petir, tidak ada metode yang dapat memberikan jaminan perlindungan penuh terhadap petir. Oleh karena itu, selalu berhati-hati dan waspada, terutama selama musim petir.

Baca Juga :

Penutup

Sebagai penutup, perlu kita ingat bahwa televisi merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering kali rentan terhadap petir.

Mengikuti “Tips TV Kena Petir” yang telah dibahas di atas bukan hanya akan menjaga perangkat TV kalian tetap aman, tetapi juga dapat menghindari kerusakan yang mungkin terjadi pada peralatan elektronik lain di rumah kalian.

Jangan biarkan petir mengganggu momen hiburan kalian; lindungi TV kalian dengan bijak. Ingat, pencegahan selalu lebih baik daripada penanganan setelah terjadi kerusakan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Tips TV Kena Petir: Ciri-Ciri dan Biaya Servicenya Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *