You’re not alone! Ini Tips Keuangan Untuk Para Single Mom

Tips-Keuangan-Untuk-Single-Mom

Tips keuangan single mom: Selain mengurus anak sendiri, single mom atau ibu tunggal memiliki tantangan tambahan untuk mengelola keuangan sendiri. Menjadi single mom pastinya bukan sesuatu yang direncanakan, bisa dikarenakan suami meninggal atau perceraian. Jadi, dikarenakan hanya ada satu pencari nafkah di keluarga, para single mom harus berjuang untuk membayar semua tagihan dan cicilan, menabung untuk keadaan darurat, hingga krisis jangka panjang di masa depan.

Ada beberapa hal yang menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh single mom, yaitu:

  • Emosional pasca perceraian atau pasangan meninggal dunia
  • Pola asuh anak
  • Stigma masyarakat yang masih dianggap negatif
  • Kepercayaan diri
  • Finansial

Untuk para single mom, berikut adalah 6 tips keuangan untuk single mom agar bisa lebih maju secara finansial:

Tips-Keuangan-Single-Mom

1. Belajar membuat budgeting

Mempelajari cara membuat budgeting atau anggaran adalah hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengelola keuangan. Saat kamu harus mengurus pekerjaan, anak-anak, dan membayar semua tagihan sendirian, budgeting membuat pengeluaran bisa terkendali. Dengan budgeting yang telah dibuat, kamu bisa membuat keputusan keuangan yang lebih baik dan tau dimana harus memotong pengeluaran yang tidak perlu.

 2. Miliki penghasilan tetap

Sebagai kepala dari semua urusan rumah tangga, single mom membutuhkan penghasilan yang stabil untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri dan si kecil. Pekerjaan dengan penghasilan stabil akan memudahkan dalam mengatur pengeluaran setiap bulan. Pemasukan yang stabil juga bisa membuat Ibu lebih tenang dan kestabilan emosi terjaga.

3. Segera lunasi semua hutang

Mungkin ada yang harus terpaksa memiliki hutang karena biaya medis, kehilangan pekerjaan atau keadaan lain. Secepat mungkin, fokuslah untuk melunasi hutang-hutang tidak produktif dan jangan sampai membuat hutang produktif. Untuk kebutuhan gaya hidup, jika tidak bisa membeli barang tersebut secara lunas, maka jangan mencoba membelinya dengan cicilan. Semakin sedikit kamu berhutang kepada orang lain, semakin mudah membangun kekayaan dan mencapai personal goals.

Baca juga: To-do-list Setelah Gajian, Biar Bertahan Lama di Rekening

4. Miliki Dana Darurat

Tips keuangan untuk single mom selanjutnya adalah wajib memiliki dana darurat. Jika tiba saatnya ada kebutuhan darurat yang mendadak, seorang single mom tidak memiliki kesempatan untuk meminta bantuan keuangan kepada orang lain. Inilah pentingnya untuk memiliki dana darurat yang disimpan dalam rekening terpisah. Memiliki dana darurat dapat mencegah para single mom terkena hutang saat ada kebutuhan mendesak.

5. Mendidik anak-anak untuk melek finansial

Anak-anak adalah peniru ulung, mereka akan melakukan hal-hal yang orangtuanya lakukan. Maka, sebaiknya berikan contoh kebiasaan-kebiasaan baik dalam mengatur keuangan, seperti belanja dengan bijak dan menabung secara konsisten. Pertimbangkan juga untuk mengajari anak berinvestasi. Jangan lupakan kenyataan bahwa suatu hari nanti anak-anak harus siap mengelola keuangannya masing-masing.

6. Lindungi anak-anak dengan asuransi

Bagi single mom, asuransi jiwa bukan lagi pilihan, melainkan kewajiban. Asuransi jiwa akan menjamin kehidupan anak-anak ketika single mom mengalami risiko kecelakaan, atau meninggal. Bahkan meskipun menjadi orang tua tunggal karena perceraian, belum tentu mantan suami akan memberikan jaminan kepada anak-anak setelah single mom meninggal. Jadi penting untuk menjamin anak-anak tetap melanjutkan hidup dengan baik.

Selain kebutuhan finansial, single mom juga membutuhkan dukungan dari keluarga atau teman dekat. Tips keuangan untuk single mom lainnya adalah dengan mempertimbangkan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Penghasilan ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain yang mungkin selama ini belum terpenuhi.

 

Baca juga: 10 Peluang Bisnis Rumahan Untuk Kamu yang Bosan Kerja Kantoran

Close Menu