To-do-list Setelah Gajian, Biar Bertahan Lama di Rekening

Cara-atur-keuangan

Apa yang kamu lakukan setelah gajian? Langsung bayar cicilan sampai ludes? Atau belanja tanpa perhitungan, kemudian gaji langsung habis dalam beberapa hari? Wah, kalau jawabannya diantara kedua ini, kamu mulai harus belajar mengatur gaji dan keuangan. Memang sih, kehidupan sekarang semakin hari yang semakin kompetitif. Ada teman baru posting belanja barang branded atau jajan makanan enak yang membuat kita ingin memilikinya juga.

Tentu tindakan ini kurang bijak dilakukan saat masa sulit seperti ini. Jangan berpikir kamu hanya hidup di saat sekarang saja, ada masa depan yang butuh kamu pikirkan mulai dari saat ini. Kehidupanmu di masa yang akan datang tergantung bagaimana mengatur hidup saat ini, bukan? Lalu, bagaimana cara menyiasati gaji bulanan agar tidak habis begitu saja?

Tips mengatur gaji bulanan agar tidak cepat ‘bye’

Tips-mengatur-gaji

1. Buat anggaran bulanan

Hal pertama dan paling penting dilakukan adalah merencanakan anggaran bulanan. Buatlah daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan primer, seperti makan, transportasi, tagihan listrik dan air, cicilan rumah, cicilan kendaraan dan lain sebagainya. Kemudian kebutuhan hiburan dan lifestyle, seperti belanja dan hiburan lainnya.

2. Jangan menunda bayar tagihan

Bayarlah semua tagihan di awal atau sebelum jatuh tempo. Hal ini akan menghindari kamu dari bunga dan denda, serta untuk nilai kredit teteap baik. Selain itu juga, memisahkan dan membayarkan kewajiban terlebih dahulu membuat kamu lebih tenang dalam mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

3. Sisihkan untuk tabungan dan investasi

Kalau selama ini kamu menabung dari sisa uang yang telah dihabiskan atau malah hanya menjadi wacana, cara yang tepat untuk ‘memaksa’ menabung adalah mengalokasikannya di awal. Kamu bisa memisahkan alokasi tabungan dan investasi dalam instrumen keuangan yang berbeda, dimana tabungan lebih diperuntukan untuk simpanan jangka pendek sementara investasi diperuntukan untuk simpanan jangka panjang.

Baca juga: Kenalan dengan Kakeibo, Cara Mengatur Keuangan Ala Jepang!

4. Catat keuangan harian

Mencatat keuangan setiap hari sebenarnya menjadi teori yang telah lama dianjurkan dalam mengatur keuangan. Cara ini bisa membantu kamu mengetahui kemana saja uang yang digunakan selama ini, serta menganalisa barang-barang apa saja yang sebenarnya tidak harus dibeli di bulan yang akan datang. Catat pengeluaran mudah dan simple bisa pakai aplikasi FINOO!

5. Pisahkan rekening

Buatlah dua rekening bank yang berbeda. Rekening untuk digunakan untuk operasional, seperti menerima gaji, belanja, bayar tagihan, dan lainnya. Sedangkan rekening lain bisa gunakan khusus untuk menabung. Buatlah jumlah minimal persentase tabungan yang harus disimpan setiap bulan demi kedisiplinan dan konsistensi.

6. Bijak gunakan kartu kredit

Banyak yang menganggap kartu kredit adalah hal yang menakutkan. Padahal kartu kredit bisa membantu kamu dalam mengelola keuangan asalkan digunakan dengan bijak, Gunakan promo kartu kredit untuk barang-barang yang memang dibutuhkan, atau bisa dialokasikan untuk membayar semua tagihan dengan auto-debet agar kamu tidak lupa. Penting diingat adalah untuk segera melunasi tagihan kartu kredit setelah tanggal cetak.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, kunci yang harus dilakukan adalah konsisten dan disiplin dalam penerapannya. Mengatur gaji dan menggunakan uang dengan bijak bisa membantu kamu dalam merencanakan masa depan agar bisa tetap hidup nyaman seperti saat ini tanpa terbebani hutang konsumtif.

 

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan Saat Corona Untuk Penghasilan Tambahan

Close Menu