Dear Fresh Grads, Ini Tips Mengelola Keuangan Agar Tidak Menyesal di Usia 30-an!

Tips Mengelola Keuangan

Mengatur keuangan adalah hal penting yang perlu kamu ketahui saat mulai bekerja dan mendapatkan gaji bulanan. Sayangnya, tips mengelola keuangan bukanlah mata pelajaran wajib di sebagian besar sekolah menengah atau perguruan tinggi. Kurangnya pendidikan keuangan dasar membuat banyak orang dewasa tidak mengerti tentang bagaimana mengelola keuangan, menghindari gaya hidup berlebihan, atau bagaimana menghindari hutang. Untuk para fresh grads atau lulusan baru, ada beberapa hal yang harus kamu tanamkan pada diri sendiri agar bisa memiliki hubungan yang baik dengan uang.

Tips mengelola keuangan untuk fresh grads:

1. Belajar Mengontrol Diri

Belajar mengontrol diti

Semakin kamu belajar mengontrol diri, semakin cepat mudah kamu untuk mengatur keuangan. Meskipun kamu bisa dengan mudah membeli barang secara kredit pada saat menginginkannya, lebih baik menunggu sampai kamu benar-benar bisa membelinya secara cash. Apakah kamu benar-benar ingin membayar bunga hanya untuk baju dan sepatu branded? – Menabung untuk pensiun adalah bagian dari rencana keuangan, berapapun usia kamu. – Meluangkan waktu untuk mempelajari beberapa aturan keuangan penting dapat membantu untuk memiliki keuangan yang sehat. – Mulai mengumpulkan dana darurat, meskipun jumlahnya sedikit. – Jika ingin menggunakan kartu kredit untuk faktor kenyamanan atau memanfaatkan reward atau diskon yang ditawarkan, pastikan untuk selalu membayar lunas ketika tagihan tiba.

2. Kontrol Masa Depan Keuangan Kamu

Tips keuangan lulusan baru

Sebenarnya kamu bisa mempelajari dasar-dasar mengatur keuangan secara sendiri lewat buku atau internet. Tapi mungkin kamu hanya bisa mengira-ngira metode keuangan mana yang cocok untuk kamu. Mudahnya, saat ini kamu bisa menggunakan jasa financial planner yang akan membantu dalam merencanakan dan mengelola keuangan. Untuk lengkapnya tentang financial planner di Indonesia ada di sini!

3. Ketahuai Kemana Uang Pergi

Ketahui kemana uang pergi

Setelah membaca beberapa buku tentang mengelola keuangan pribadi, kamu akan menyadari betapa pentingnya memastikan pengeluaran tidak melebihi penghasilan. Cara terbaiknya adalah dengan membuat anggaran dan mencatat setiap pengeluaran. Kamu akan menyadari bahwa membuat perubahan kecil dalam pengeluaran harian dapat memiliki dampak yang besar pada keuangan bulanan.

4. Miliki Dana Darurat

Menyimpan dana darurat

Memiliki uang dalam tabungan yang dapat digunakan untuk keadaan darurat benar-benar bisa membuat kamu keluar dari masalah finansial dan membantu untuk tidur lebih nyenyak di malam hari. Terlebih, jika kamu terbiasa menabung dan memperlakukannya sebagai “pengeluaran bulanan rutin” yang tidak bisa dinegosiasikan, kamu akan memiliki lebih dari sekedar dana darurat. Kamu akan memiliki uang pensiun, uang liburan, dan bahkan uang untuk mewujudkan impian lainnya.

5. Mulai Menabung untuk Pensiun

Cara mengumpulkan dana pensiun

Kamu perlu mempersiapkan masa pensiun jauh-jauh hari dengan mulai menabung dan membuat passive income. Menabung lebih awal akan membuat kamu mendapatkan bunga majemuk yang dimulai lebih awal. Bunga majemuk adalah sistem bunga yang awalnya telah melekat, lalu diikutsertakan ke dalam uang pokok. Bunga majemuk ini memiliki kemampuan super karena perolehan hasil kelipatannya bisa dinikmati langsung di masa mendatang.

 

6. Jaga Kesehatan

Kesehatan fisik dan uang

Kamu dapat menghemat uang dengan mendapatkan penawaran dari penyedia asuransi yang berbeda untuk menemukan tarif terendah. Selain itu juga dengan tetap menjaga diri tetap sehat dengan makan buah-buahan dan sayuran, menjaga berat badan yang sehat, berolahraga, tidak merokok, dan tidak mengkonsumsi alkohol berlebihan. Di kemudian hari, kamu akan berterima kasih pada diri sendiri saat tidak perlu membayar tagihan medis yang harganya selangit.

7. Lindungi Kekayaan

Asuransi untuk proteksi

Jika kamu ingin memastikan bahwa semua uang hasil jerih payah tidak lenyap hanya dalam satu malam, kamu harus mengambil langkah untuk melindunginya. Tambahkan asuransi untuk asset-aset berharga yang dimiliki. Kadang asuransi terlihat membuang-buang uang, tapi ini merupakan tindakan preventif sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Tips mengelola keuangan ini cocok untuk para fresh grads yang baru memiliki penghasilan dan juga para pekerja mid-level yang masih belum bisa mengelola keuangan dengan baik. Kunci sukses dalam mengelola keuangan ada pada disiplin dan konsistensi diri.

 

Baca juga: To-do-list Setelah Gajian, Biar Bertahan Lama di Rekening

Close Menu